kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Februari 2020 15:57

2 Warga Sulteng dari China yang di Karantina di Natuna akan Dipulangkan

u9c1irn9knfi9dpx8qds.jpg
Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan beraktivitas di di tempat observasi, di hanggar Lanud Raden Sajad, Natuna. Foto: Twitter/@kemenkesri
Dua warga Sulawesi Tengah dari Wuhan China yang dikarantina di Natuna akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, pada Sabtu (15/2), setelah dinyatakan sehat atau tidak terjangkit Virus Corona usai menjalani karantina di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana informasi yang diperoleh PaluPoso, dua warga Sulteng itu adalah Julita beralamat Jalan Moch. Nasir, Desa Ogomoli, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli dan Asrida Afrianti, beralamat RT.01/RW.01, Kelurahan Rantau Jaya, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai.
Dua warga Sulteng ini akan diterbangkan dari Natuna sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, selanjutnya menuju daerah masing-masing.
Selain itu, bersama rombongan warga Sulteng yang merupakan WNI dari Wuhan Tiongkok yang sudah dikarantina di Natuna, ada seorang warga dari Sulawesi Barat bernama Rifdah Nur Aliyah.
Setelah tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Rifdah Nur Auliyah kemudian dibawa ke kampung halamannya di Mamuju Utara, tepatnya di Jalan Palapa Raya, RT.01 RW 01, Kelurahan Balanti, Kecamatan Baras, Kabupaten Mamuju Utara.
ADVERTISEMENT
Setelah mereka sampai di kampung halaman masing-masing, akan dilakukan surveillance tracking. Kondisi mereka tetap dipantau.
Sementara itu meskipun belum mendapat informasi kepulangan dua warga asal Sulteng itu dari Natuna, Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah memastikan mereka sehat pascamenjalani observasi 14 hari.
“Kami belum dapat info tapi yang pasti jika ada yang pulang ke Sulteng besok maka dipastikan mereka sehat dan sama sekali tidak terjangkit virus corona,” kata dr Amin ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/2).
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, dr Amin mengatakan Dinas Kesehatan sudah berkoordinasi dengan KKP di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufrie.
Mereka akan diperiksa kembali dan dikembalikan ke keluarga masing-masing.
ADVERTISEMENT
“Kami akan lanjutkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan di kabupaten/kota untuk kedatangan warga dari Natuna,” kata dr Amin.
Dia menambahkan masyarakat Sulawesi Tengah tidak perlu kuatir. Pasalnya, dua WNI yang kembali ke Sulawesi Tengah sehat.
“Jangan kita ragu karena mereka di Natuna sudah dipastikan sehat dan sampai di Sulawesi Tengah pun diperiksa kembali dan dipastikan sehat,” ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan