News
·
17 April 2021 19:38

957 Karyawan Perusahaan Sawit di Morowali Utara Diliburkan Jelang PSU

Konten ini diproduksi oleh Palu Poso
957 Karyawan Perusahaan Sawit di Morowali Utara Diliburkan Jelang PSU  (34210)
Ilustrasi karyawan. Foto: Pixabay
Pada Senin, 19 April 2021, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), pasca-Pilkada 2020.
ADVERTISEMENT
PT Agro Nusa Abadi disingkat PT ANA, menjadi salah satu tempat khusus PSU di daerah itu. Sehingga, manajemen perusahaan PT ANA sepakat meliburkan seluruh karyawannya.
Hal itu diungkapkan oleh Ketua Serikat Pekerja PT ANA, Taufik Latuo, saat dihubungi media ini, Sabtu (17/4).
Dijelaskannya, keputusan tersebut baru disampaikan kepada dirinya Jumat malam (16/4), bahwa manajemen meliburkan seluruh karyawan.
“Saya juga ikut menghadap. Kami meminta supaya diliburkan seperti pada penyampaian sosialisasi,” kata Taufik.
Menurutnya, surat keputusan libur bersama tersebut belum ada. Namun, telah ada penyampaian resmi dari pihak perusahaan. Keputusan tersebut disambut baik seluruh karyawan PT ANA.
“Alhamdulilah. Semua senang,” ujarnya.
957 Karyawan Perusahaan Sawit di Morowali Utara Diliburkan Jelang PSU  (34211)
Ilustrasi Pilkada 2020 di Kota Palu. Foto: Dok. PaluPoso
Sementara itu, Humas PT ANA, Doddy menjelaskan, keputusan libur berdasarkan hasil rapat pihak manajemen perusahaan. Sebab sebelumnya, mereka masih mengantongi surat dari KPU Morowali Utara yang meminta agar nama-nama karyawan yang masuk dalam daftar pemilihan agar diliburkan.
ADVERTISEMENT
“Manajemen putuskan seluruh karyawan libur. Karena juga ada surat resmi dari Bupati Morut supaya seluruh karyawan diliburkan. Jadi sudahlah, dari pada repot. Mending diliburkan,” kata Doddy.
Dengan diliburkannya seluruh karyawan PT ANA yang jumlahnya sebanyak 957 orang itu, diakuinya sudah pasti berdampak bagi keberlangsungan perusahaan. Walau karyawan yang masuk DPT di perusahaan itu sebanyak 515 orang, namun pihak manajemen tidak punya pilihan. Sehingga di satu sisi perusahaan harus mengalah.
“Saya pikir plus minus sih. Karena kan kondisinya dibutuhkan seperti itu jadi kita harus mengalah. Yang namanya hidup bermasyarakat ada yang harus kita korbankan untuk tujuan yang lebih besar lagi,” kata Doddy.
PT ANA sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak di bidang usaha kelapa sawit di wilayah Kabupaten Morowali Utara.
ADVERTISEMENT