kumparan
News11 Maret 2020 15:43

BMKG Minta Tetap Waspada, Sebagian Wilayah Sulteng Masih Berpotensi Hujan Lebat

Konten Redaksi Palu Poso
IMG_20200311_164010.jpg
Prakirawan cuaca di BMKG Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu menunjukkan cuaca untuk wilayah Sulteng sepekan. Foto: Kristina Natalia/PaluPoso
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sulawesi Tengah berpotensi hujan sedang hingga lebat.
ADVERTISEMENT
Daerah tersebut adalah Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Parigi Mautong, Kabupaten Buol dan Kabupaten Tolitoli.
“Sementara daerah lainnya yang mengalami intensitas hujan yang rendah adalah Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-una dan Kabupaten Banggai,” kata Senior Forcaster BMKG Bandar Udara Mutiara Sis Aljufrie Palu, Riza Utami Renggah, Rabu (11/3).
Riza menjelaskan untuk Kota Palu cenderung akan mengalami hujan lokal. Artinya, hujan hanya akan mengguyur di beberapa wilayah di Kota Palu saja.
“Prakiraan untuk Kamis besok atau Jumat hujan sedang akan mengguyur Kota Palu pada dini hari dan sore hari,” kata Riza.
Selain berpotensi hujan, BMKG juga mengingatkan agar nelayan tidak melakukan aktivitas di laut untuk beberapa waktu ke depan. Pasalnya, tinggi gelombang diprakirakan akan mencapai 2 meter sampai dengan 2,75 meter di wilayah perairan Donggala, Tolitoli, Banggai dan Banggai Laut.
ADVERTISEMENT
“Pengaruh dari angin yang sebabkan gelombang tinggi sehingga kami harapkan agar nelayan yang menggunakan perahu kecil untuk berhati-hati,” ujarnya.
Semantara itu untuk suhu panas di Sulawesi Tengah, Kota Palu masih tetap menjadi daerah yang terpanas, yakni capai 36 derajat celcius pada, Selasa (10/3).
“Untuk se Indonesia yang terpanas adalah Papua,” katanya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan