kumparan
25 Mar 2019 17:24 WIB

Kini Internet Menjangkau 5 Desa Terdalam di Sigi, Sulawesi Tengah

Ilustrasi sinyal internet Wi-Fi. (Foto: rawpixel via Pixabay)
Lima desa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang selama ini sangat sulit dijangkau melalui jalur transportasi darat, kini warganya malah bisa mengakses internet dengan mudahnya. Lima desa tersebut adalah Desa Sunju Kecamatan Marawola, Bolapapu Kecamatan Kulawi, Namo Kecamatan Kulawi, Rantewulu Kecamatan Kulawi dan Polerea Kecamatan Pipikoro.
ADVERTISEMENT
Kemudahan akses internet bagi warga di desa itu, setelah Pemerintah Kabupaten Sigi dan PT Telkom menandatangani MoU sekaligus sosialisasi Mangoesky di aula Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (25/3). 176 Kepala Desa se Kabupaten Sigi hadir pada sosialisasi Mangoesky tersebut.
General Manager (GM) PT Telkom Wilayah Sulawesi Tengah, Ichwan Muhammadiah mengatakan, ke depan bukan hanya lima desa tersebut di Kabupaten Sigi yang akan bisa mengakses internet melalui program Mangoesky. “Jika memungkinkan dari 176 desa yang ada di Sigi bisa segera mengakses internet,” katanya.
Sikap optimistis GM Telkom Wilayah Sulteng tersebut terbangun dari respon Bupati Sigi yang begitu masif mengupayakan segera terbangun MoU antara Pemerintah Kabupaten Sigi dengan PT Telkom Wilayah Sulteng. Kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU dengan 176 Kepala Desa se Kabupaten Sigi.
ADVERTISEMENT
“Sebenarnya beberapa daerah sudah dibangun komunikasi untuk melaksanakan program Mangoesky ini, tapi hanya Pak Bupati Sigi Irwan Lapatta yang begitu masif bergerak menyambut program ini,” ujarnya.
Pemerintah Kabupaten Sigi dan PT Telkom menandatangani MoU sekaligus sosialisasi Mangoesky di aula Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (25/3/2019). Foto: Abidin
Ia menjelaskan apa sebenanrya Mangoesky itu. Menurutnya, MangoeSky adalah produk keluaran baru dari Telkom Indonesia dengan menggunakan teknologi Very Small Aparture Terminal (VSAT) untuk menjangkau seluruh cakupan wilayah Indonesia.
Kebutuhan akan koneksi internet berkualitas tinggi semakin meningkat setiap tahun nya. Di daerah-daerah berkembang, industri dan bisnis kecil menengah (UKM) mulai tumbuh. Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan bisnis, informasi dan jalur komunikasi serta IT service sangat dibutuhkan, mengingat daerah-daerah tertentu belum memiliki akses ke internet fixed dengan coverage kabel FO yang saat ini sedang popular. Maka dari itu PT Telkom Indonesia merilis produk ini untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan di seluruh pelosok negeri.
ADVERTISEMENT
“Prinsipnya, di mana ada langit, di situ internet bisa diakses,” katanya.
Sementara Bupati Sigi Irwan Lapatta mengatakan, jaringan internet yang bisa diakses warga di 176 desa di wilayah Kabupaten Sigi, merupakan salah satu program yang bisa mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sigi mendorong percepatan pembangunan di daerah yang dipimpinnya itu.
Menurutnya, melalui kemudahan akses jaringan internet di setiap desa akan lebih memudahkan pemerintah daerah untuk berkoordinasi dengan jajaran pemerintah desa sekaligus menyosialisasikan program pemerintah daerah ke setiap warga.
“Sudah tiga tahun masa kepemimpinan kami, baru kali ini melalui produk Mangoesky PT Telkom akan memudahkan kami merealisasikan upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Ia mengatakan, dukungan pendanaan internet masuk desa ini bisa dialokasikan melalui dana desa. Sebab, salah satu item program prioritas di Dana Desa adalah program internet desa sebagai sarana pendukung pertumbuhan ekonomi desa dan website desa.
ADVERTISEMENT
Hanya saja Irwan mewanti-wanti para Kepala Desa agar sistem manajemen pengelolaan dana untuk internet desa harus diperbaiki, terutama pada sisi administrasinya. “Persoalan administrasi bisa jadi masalah di kemudian hari,” ujarnya.
Penulis: Abidin
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·