Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Rekapitulasi Suara 3 Kecamatan di Kabupaten Sigi Terhambat Banjir

Aparat Satpol PP membawa kotak suara ke dalam ruangan rapat pleno terbuka di kantor KPU Sigi, Kamis (2/5). Foto: Istimewa

Proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terhambat akibat banjir yang memutus jalan poros Palu-Kulawi. Banjir membuat petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak dapat mengirimkan kotak suara beserta isinya ke kabupaten itu.

Ketua KPU Sigi, Chairil, mengatakan ada tiga kecamatan yang belum bisa mengirim hasil rekapitulasi suara, yaitu Kecamatan Kulawi, Kecamatan Kulawi Selatan, dan Kecamatan Gumbasa. Sehingga kotak suara yang berisi surat suara C-1 hasil pleno rekapitulasi tingkat kecamatan belum bisa dibawa ke KPU Sigi untuk direkapitulasi tingkat kabupaten.

“Kondisi jalan akibat banjir dan longsor di jalan poros Palu-Kulawi yang terputus sangat tidak memungkinkan untuk petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang didampingi pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya di Kecamatan Lindu, Kecamatan Kulawi, dan Kecamatan Kulawi Selatan untuk bisa membawa logistik pemilu ke KPU untuk penghitungan rekapitulasi tingkat kabupaten yang saat ini sementara kita lakukan,” kata Chairil di kantor KPU Sigi, Kamis (2/5).

Aparat Satpol PP membawa kotak suara ke dalam ruangan rapat pleno terbuka di kantor KPU Sigi, Kamis (2/5). Foto: Istimewa

Sebagai solusinya, kata Chairil, pihak KPU Sigi mengusulkan ke PPK agar kotak suara ketiga kecamatan tersebut diantar melalui jalan alternatif. Selanjutnya jika sudah mendapatkan akses jalan, maka akan dijemput oleh pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya.

“Dan kita minta itu juga di setiap kecamatan, kotak suara yang dibawa 13 kotak saja dulu. Nanti kalau sudah bagus akses jalan baru semua kotak suara yang ada dibawa ke kantor KPU,” ujar Chairil.

Dia menyebut logistik pemilu di kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Sigi kini sudah ada di kantor KPU Sigi. Maka hanya tersisa tiga kecamatan itu saja.

“Mudah-mudahan saja sebentar sudah ada itu kotak suara dari tiga kecamatan karena informasi yang saya dapatkan, kotak suara sudah mulai dibawa pakai motor, dan petugas kepolisian serta pihak terkait lainnya juga sudah standby di jalan perbatasan Kulawi, menunggu logistik pemilu yang diantar motor tersebut,” kata Chairil.

Untuk jumlah logistik kotak suara yang ada di tiga kecamatan tersebut sebanyak 104 kotak suara. Di mana untuk Kecamatan Kulawi 54 kotak suara, Kecamatan Kulawi Selatan 31 kotak suara, dan Kecamatan Lindu 19 kotak suara.

Abidin

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32