kumparan
News25 Maret 2020 18:22

Satgas COVID-19 Mulai Periksa Pelintas di Lima Titik Pintu Masuk Poso, Sulteng

Konten Redaksi Palu Poso
WhatsApp Image 2020-03-25 at 03.57.14.jpg
Petugas kesehatan saat hendak memeriksa suhu tubuh pengendara yang hendak masuk wilayah Poso. Foto: Istimewa
Pelintas batas Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, di lima pintu masuk menuju kabupaten ini mulai diperketat pengawasannya. Setiap pelintas diperiksa kesehatannya sebagai upaya antisipatif terhadap penyebaran wabah virus Corona baru atau COVID-19.
ADVERTISEMENT
Seperti di Kecamatan Pamona Selatan, tepatnya di poros Desa Mayoa, sejak dua hari terakhir terus dilakukan pemeriksaan bagi setiap kendaraan yang masuk Poso dari arah Provinsi Sulawesi Selatan.
Perlakuan yang sama terhadap pengendara di pintu perlintasan lainnya, yakni dari Kabupaten Morowali, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Parigi Moutong dan dari Kabupaten Sigi.
Sejak pagi hari terlihat belasan petugas gabungan dari TNI -Polri serta petugas kesehatan yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Penularan Covid-19 Kabupaten Poso, terus melakukan tugasnya dengan menyemprotkan disinfektan ke dalam mobil dan memeriksa kesehatan para penumpangnya.
WhatsApp Image 2020-03-25 at 03.58.01.jpg
Petugas kesehatan yang tergabung dalam Satgas COVID-19 saat menyemprotkan cairan disinfektan ke pengendara yang hendak masuk wilayah Poso. Foto: Istimewa
"Saat ini telah mulai dilakukan sweeping terhadap kendaraan pelintas batas ke Kabupaten Poso oleh petugas gugus tugas Covid-19 Kabupaten Poso dengan memeriksa kesehatan para penumpang kendaraan dan tes suhu badan,” kata Bupati Poso Darmin Sigilipu kepada wartawan, Rabu (25/3).
ADVERTISEMENT
Langkah tersebut dilakukan kata Darmin, setelah ada arahan dari Presiden Joko Widodo yang menetapkan penularan Covid-19 merupakan bencana nasional. Sekaligus menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Poso serius melakukan antisipasi dan penanganan terhadap penyebaran wabah Virus Corona tersebut.
“Maka kami telah meningkatkan status satuan tugas penanggulangan dan pencegahan penularan virus Corona menjadi gugus tugas yang di dalamnya akan melakukan pemeriksaan di lima pintu masuk Kabupaten Poso,” kata Darmin.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan