kumparan
News21 Februari 2020 16:31

Sulawesi Tengah Sepekan Berpotensi Hujan, Palu Sulit Terbentuk Awan

Konten Redaksi Palu Poso
IMG_20200221_172741.jpg
Prakiraan cuaca BMKG Mutiara Sis Aljufrie Palu. Foto: Kristina Natalia/PaluPoso
Sulawesi Tengah diprediksi masih berpotensi terjadi hujan dalam sepekan ini.
ADVERTISEMENT
Menurut prakiraan cuaca BMKG Mutiara Sis Aljufrie, wilayah yang mengalami hujan sedang hingga lebat yakni Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Banggai, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Mautong.
“Kota Palu sendiri berpotensi tetapi karena adanya pegunungan sehingga menyebabkan awan susah terbentuk di wilayah lembah,” kata Prakirawan Cuaca BMKG Mutiara Sis Aljufrie, Ambinari Rachmi Putri, Jumat (21/2).
Ia mengatakan beberapa hari ini Kota Palu mengalami cuaca panas yang sama yakni mencapai 34,8 derajat celcius. Suhu ini terbilang normal untuk wilayah Kota Palu.
“Pada Kamis (20/2) Kota Palu ada di urutan ke-2 terpanas di Indonesia setelah Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat yang mencapai 35.0 derajat celcius dan hari ini pun suhunya sama dengan kemarin,” kata Rachmi.
ADVERTISEMENT
Untuk wilayah Sulawesi Tengah lanjutnya, daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir yakni Kabupaten Morowali dan Motowali Utara. “Terjadi pada malam hari,” kata Rachmi.
Indonesia saat ini masuk dalam musim kemarau, di mana dua wilayah yang berpotensi merasakan panas adalah Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Sumatera bagian Utara.
"Untuk Kota Palu sudah biasa mengalami cuaca panas dan kalaupun terjadi hujan maka tidak semua wilayah di Kota Palu akan turun hujan,” ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan