kumparan
KONTEN PUBLISHER
15 April 2019 17:15

TPS di Wilayah Terdampak Bencana Dapat Pengamanan Khusus

Screenshot_20190415-174858_Instagram.jpg
Ilustrasi: Personel Polres Palu saat melakukan patroli menjelang pemilu 2019, di Kota Palu. Foto: Humas Polres Palu
Polisi Resor Kota Palu melakukan pengamanan khusus terhadap tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah terdampak bencana alam di Kota Palu, Sulawesi Tengah.
ADVERTISEMENT
"Untuk antisipasi beberapa TPS yang dianggap rawan dalam pelaksanaan pemilu serentak 17 April, Polres Palu akan melakukan pengamanan khusus, seperti di Kelurahan Petobo dan Balaroa," kata Kapolres Palu, AKBP Mujianto, usai pelepasan pendistrubusian logistik pemilu, Senin (15/4) di gedung GOR Siranindi, Kota Palu.
Bentuk pengamanan khusus tersebut kata Kapolresta Palu, seperti menempatkan beberapa personel Polri diback- up oleh TNI.
" Di beberapa tempat pemungutan suara yang tidak masuk dalam kategori rawan. Kami hanya akan menempatkan dua personel Polri dan TNI, empat Linmas serta Babinkamtibmas saja, " ujarnya.
IMG-20190415-WA0017.jpg
Kapolres Palu, AKBP Mujianto bersama Dandim Palu dan Kajari Palu saat pelepasan pendistribusian logistik pemilu 2019, di Gedung GOR Siranindi Palu, Senin (15/4). Foto: PaluPoso/Firman
Selain itu katanya, pihak Polresta juga akan melakukan patroli di setiap wilayah sebelum pelaksanaan pemilu hingga usai pesta demokrasi.
ADVERTISEMENT
Klasifikasi dari patroli tersebut menurut Kapolresta Palu, terbagi atas tiga tingkatan. Pertama adalah patroli di tingkat kelurahan, kemudian Kecamatan dan patroli skala besar yang melibatkan unsur Shabara, Brimob dan TNI.
Jumlah personel Polri yang akan diterjunkan dalam pengamanan Pemilu di Kota Palu kata Mujianto, sebanyak 1200 orang dengan bantuan TNI, dalam hal ini Komando Distrik Militer (Kodim) 1306 Donggala sejumlah 1 SSK.
Ditambahkanya, pengamanan oleh pihak Polresta Palu juga dilakukan dalam pengawalan pendistribusian logistik oleh pihak Komisi Pemilihan Umum hingga ke kelurahan. Bentuk pengamanan tersebut bertujuan agar pesta demokrasi di tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar tanpa adanya kendala.
Penulis: Firman (Kontributor)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan