Penciptaan Musik Kontemporer, Menurut Komposer Muda Aldy Maulana

Konten dari Pengguna
27 Oktober 2019 3:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pandangan Jogja Com tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Poster gelarang Oktober Meeting, pertemua para musisi kontemporer di Yogya 21-25 Oktober 2019.
zoom-in-whitePerbesar
Poster gelarang Oktober Meeting, pertemua para musisi kontemporer di Yogya 21-25 Oktober 2019.
ADVERTISEMENT
Seorang komponis muda yang berbasis di Yogyakarta, Aldy Maulana, membeberkan prosesnya dalam membuat sebuah karya komposisi. Baginya, di era modern ini komposer memiliki tantangan tersendiri, khususnya dalam menciptakan karya musik kontemporer.
ADVERTISEMENT
Aldy memaknai, karya musik kontemporer adalah soal relevansi sebuah karya dengan kehidupan senimannya. Itulah yang menurutnya menjadi tantangan utama para seniman saat ini dalam menciptakan karya musik kontemporer atau kekinian.
“Tantangannya berarti mengolah pengalaman menjadi musik. Itu sih perspektif saya tentang kekinian,” kata Aldy ketika mengisi materi dalam diskusi yang digelar oleh October Meeting, Rabu (23/10) di Tembi Rumah Budaya, Bantul, Yogyakarta.
Dengan perspektif itu, karya seorang komponis semestinya tidak harus selalu menggunakan alat musik sebagai instrumennya. Semua hal yang dialami oleh komponis menurut Aldy bisa ditransformasikan menjadi karya.
“Mungkin saja saya ternyata bikin karya itu enggak harus pakai instrumen musik. Mungkin saja bisa pakai pohon, pakai batu, pakai apapun. Itu kan sesuai dengan pengalamannya dia,” kata komposer yang juga seorang pendiri Ensamble The New Yogyakarta Contemporary Music Ensemble (TNYCME) itu.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari perspektifnya soal karya kontemporer atau kekinian itu, menurut Aldy masih terbuka lebar ruang diskusi soal kebaruan itu sendiri. Bahkan, menurut Aldy yang terpenting bukanlah soal kebaruan semata, melainkan bagaimana dia memposisikan dirinya sendiri terhadap lingkungannya hingga dia merespons hal tersebut.
“Jadi sebenarnya saya nggak terlalu memikirkan, kira-kira saya mau mencari yang baru apa ya? Tapi di sini saya lebih berpikir, kalau saya di sini saya akan menghasilkan musik yang begini. Mau itu baru, atau lama, atau apapun,” katanya.
Cara Aldy Membuat Karya Kontemporer
Prosedur menjadi hal penting bagi Aldy dalam melahirkan sebuah karya. Dalam hidup, seseorang tidak akan lepas dari yang namanya prosedur. Begitu juga bagi seorang komposer, dalam membuat sebuah komposisi menurutnya juga tidak lepas dari prosedur.
Ilustrasi Musik Foto: fotoblend
Analogi sederhananya, ketika seseorang akan berangkat ke tempat kerja, mau tidak mau dia juga harus melewati sebuah prosedur. Dari mulai bangun tidur, mandi, gosok gigi, mengenakan pakaian, sarapan, sampai perjalanannya dia ke tempat kerja, itu adalah sebuah prosedur.
ADVERTISEMENT
“Itu menurut saya juga berelasi dalam membuat karya,” kata Aldy.
Prosedur ini menurutnya bukan berarti untuk membatasi dalam berkarya, melainkan untuk menjadi sebuah dialog agar muncul ide-ide atau gagasan-gagasan baru.
Landasan Penciptaan Karya
Untuk membuat sebuah prosedur, Aldy menggunakan tiga landasan. Pertama, gaya hidup masyarakat urban. Landasan ini ada karena Aldy hidup dan besar di tengah masyarakat urban, sehingga itulah yang melekat pada dirinya sebagai sebuah pengalaman individu.
Awalnya Aldy juga mengaku kesulitan untuk menemukan landasan ini. Pencariannya atas apa yang paling dekat dengannya cukup panjang, hingga dia menyadari bahwa dia hidup di tengah masyarakat urban dengan gaya hidup yang hedon.
Landasan kedua yang dia pakai untuk menyusun sebuah prosedur adalah montase. Montase sebenarnya sebuah teknik dalam seni rupa yang dia adopsi dalam membuat karya musik.
ADVERTISEMENT
Montase itu mengambil suatu material di satu medium yang sama. Misalnya saya di musik, berarti kan medium saya bunyi,” katanya.
Lawan montase adalah kolase. Jika montase mengambil dari medium yang sama, kolase menggabungkan berbagai macam medium. Misalnya ada medium visual, musik, dan video yang kemudian dijadikan satu karya.
Landasan terakhir yang dipakai Aldy dalam membuat sebuah prosedur adalah plouderphonik. Plouderphonik adalah teknik menggabungkan banyak karya menjadi satu karya baru. Jumlah karya yang digabungkan ini juga tidak terbatas.
“Bahkan saya menggabungkan 50 karya untuk menjadi satu karya baru seperti yang saya tampilkan tadi,” kata Aldy.
Namun terlepas dari semua itu, Aldy memiliki pandangan sendiri soal musik kontemporer atau kekinian. Menurutnya, saat ini pertanyaan-pertanyaan soal kebaruan sudah tidak relevan. Baginya, hal yang baru adalah pengungkapan pengalaman-pengalaman individu-individu para komponis soal apa yang dia rasakan dan apa yang ingin dia ungkapkan; dari sanalah akan lahir sebuah interaksi atau dialog. Dari interaksi ini kemudian akan terlihat, apakah suatu karya relevan atau mewakili apa yang dia alami.
ADVERTISEMENT
“Bagi saya pengalaman pribadi akan menjadi interaksi-interaksi yang harus kita bincangkan, apakah kira-kira pemikiran-pemikirannya itu mewakili zamannya atau tidak,” kata Aldy. (Widi Erha Pradana / YK-1)