Andil Krusial Anak Pelatih Bima Sakti Dalam Suksesnya Timnas Menjuarai AFF U-16

Konten Media Partner
13 Agustus 2022 11:24
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pemain timnas Indonesia merayakan gelar juara AFF U-16 2022. Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Pemain timnas Indonesia merayakan gelar juara AFF U-16 2022. Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
Ada kisah haru di balik gelar juara AFF U-16 2022 yang berhasil diraih tim nasional Indonesia U-16 asuhan pelatih Bima Sakti Tukiman. Kisah itu datang dari salah seorang anak Bima Sakti yang berkebutuhan khusus. Menurut Bima Sakti, anaknya ternyata punya andil besar dalam kemenangan Indonesia atas Vietnam di laga final yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8) malam.
ADVERTISEMENT
Dalam konferensi pers yang diadakan setelah laga final tersebut, Bima Sakti mengungkapkan bahwa selama turnamen anaknya selalu menghubungi dia untuk memberikan dukungan. Seringkali, anaknya juga memberikan saran-saran yang sangat berguna bagi tim, termasuk saran untuk mendatangkan orang tua seluruh pemain di laga final melawan Vietnam.
“Anak saya selalu WA saya terus, yah kayaknya bagus nih orang tua didatangkan, kasih saran saya gitu,” kata Bima Sakti menirukan pesan anaknya, Jumat (12/8) malam.
Bima Sakti juga menceritakan bahwa anaknya sudah berusia remaja seperti anak-anak asuhnya di timnas U-16, namun belum bisa berjalan. Ketika mendapat saran untuk mendatangkan orang tua ke stadion dan menyaksikan anak-anak mereka bertanding, Bima Sakti berpikir hal yang sama.
ADVERTISEMENT
“Saya sampaikan ke Pak Ketum, Pak Sekjen, Coach Indra, Alhamdulillah orang tua Iqbal dan orang tua pemain-pemain lain hadir di tengah-tengah kita,” lanjutnya.
Kehadiran orang tua di stadion menurut Bima Sakti berpengaruh positif terhadap mental dan motivasi bermain anak-anak asuhnya. Kehadiran orang tua memberikan motivasi sehingga anak-anak asuhannya bermain lebih ngotot dan percaya diri di tengah lapangan.
Apalagi selama ini para pemain menurut dia juga sudah sangat merindukan orang tua mereka. Namun, mereka hanya bisa melihat orangtuanya melalui foto saja setiap sebelum pertandingan.
“Kalau masalah taktik saya pikir sama saja, tapi yang paling penting mereka bisa lihat orang tua,” kata Bima Sakti.
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman. Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman. Foto: PSSI
Karena itu secara khusus Bima Sakti mempersembahkan kemenangan timnas Indonesia di ajang AFF U-16 ini untuk tiga orang anaknya.
ADVERTISEMENT
“Kemenangan ini saya persembahkan buat anak saya, Bimantara Putra Perdana, Merisa, kemudian Jibril,” ujarnya.
Timnas Indonesia U-16 berhasil menyudahi perlawanan Vietnam di laga final Piala AFF U-16 2022 dengan skor 1-0 berkat gol yang dicetak oleh Kafiatur Rizky jelang turun minum. Sepanjang turnamen, penampilan timnas Indonesia memang cukup konsisten sehingga layak meraih juara tersebut.
Indonesia berhasil menjadi tim dengan produktivitas gol terbanyak dengan 15 gol sepanjang turnamen, di luar adu penalti di semifinal melawan Myanmar. Tak hanya paling produktif, Indonesia juga menjadi tim yang paling sulit dijebol oleh tim lawan, dimana sepanjang turnamen Indonesia hanya kebobolan dua kali, yakni oleh Vietnam di babak fase grup dan oleh Myanmar di semifinal.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·