News
·
5 Mei 2021 18:48

GKR Hemas Sosialisasi Pemutaran Lagu Indonesia Raya di Ruang Publik Setiap Hari

Konten ini diproduksi oleh Pandangan Jogja
GKR Hemas Sosialisasi Pemutaran Lagu Indonesia Raya di Ruang Publik Setiap Hari (171266)
GKR Hemas saat melakukan sosialisasi Gerakan Indonesia Raya Bergema, Selasa (4/5). Foto: Istimewa
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), GKR Hemas melakukan sosialisasi Gerakan Indonesia Raya Bergema kepada wali kota dan bupati beserta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di lingkup DIY, pemerintah Kota dan pemerintah Kabupaten se Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (4/5). Dalam kesempatan itu, Istri dari Gubernur DIY dan Raja Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, Sri Sultan HB X ini didampingi oleh perwakilan For You Indonesia Widihasto Wasana Putra, dan bertindak sebagai moderator sosialisasi, Sekretaris Daerah Pemeritan Provinsi DIY, Kadarmanta Baskara Aji.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan itu GKR. Hemas menekankan Indonesia Raya Bergema adalah sebuah gerakan kebangsaan berkelanjutan untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat lewat pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya secara kontinu setiap hari.
“Saya berharap gerakan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di ruang-ruang publik seperti lingkungan pemerintah, perkantoran swasta, lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan dan lainnya dapat digelorakan. Agar ingat bahwa kita yang berbeda-beda suku, agama, ras, dan golongan ini adalah tetap satu bangsa yakni bangsa Indonesia yang selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan. Masyarakat Yogyakarta hendaknya terus menjadi pelopor gerakan kebangsaan di tanah air," terangnya.
GKR. Hemas mengingatkan segenap jajaran aparatur pemerintah DIY dan kabupaten kota dapat memberikan teladan gerakan kebangsaan untuk selanjutnya dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat. Hemas masih melihat bahwa masih ada sekolah di Yogyakarta yang tidak lagi mengadakan upacara bendera dan apalagi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sehingga sampai ada alumninya yang gagal masuk Akademi Militer karena tidak hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya.
ADVERTISEMENT
“Hal ini tidak boleh dibiarkan. Anak-anak kita mesti dikenalkan sejak dini dengan identitas kebangsaan kita supaya tumbuh rasa cinta tanah air. Jangan sampai generasi penerus bangsa justru lebih familier dengan simbol-simbol dan atau faham dari luar yang belum tentu selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika,” imbuh pembina For You Indonesia ini.
GKR Hemas Sosialisasi Pemutaran Lagu Indonesia Raya di Ruang Publik Setiap Hari (171267)
Widihasto Wasana Putra (kiri) bersama GKR Hemas (kanan) saat sosialisasi Gerakan Indonesia Raya Bergema, Selasa (4/5). Foto: Istimewa
Sementara perwakilan For You Indonesia, Widihasto Wasana Putra mengatakan lagu Indonesia Raya 1 stanza seyogyanya dapat diperdengarkan sehari sekali setiap hari pukul 10.00 WIB mengacu pada peristiwa detik-detik Proklamasi. Publik yang berada di area lagu kebangsaan diperdengarkan wajib berdiri dalam sikap hormat.
Widihasto mengungkapkan For You Indonesia telah melakukan sosialisasi kepada sejumlah kalangan. Yakni, sembilan rektor perguruan tinggi, sebuah hotel yang memiliki 53 jaringan hotel se Indonesia, sejumlah pertokoan termasuk terhadap para pedagang pasar Beringharjo. Pada tanggal 18 dan 19 Mei mendatang For You Indonesia bersama Dinas Perindustrian Kota Yogyakarta berencana melakukan ujicoba pengumandangan lagu kebangsaan di pasar Beringharjo untuk melihat sejauh mana kondisi di lapangan.
ADVERTISEMENT
“Prinsipnya gerakan ini harus lahir dari kesadaran seluruh lapisan masyarakat. Tentu bukan hal mudah membiasakan publik merespon dikumandangkannya lagu kebangsaan dengan menghentikan sejenak selama 2 menit untuk berkhidmat sesuai ketentuan perundangan. Apabila masih ada yang cuek atau enggan berdiri tidak perlu ditindak namun dinasehati supaya tidak ada kesan pemaksaan. Kesadarannya yang kita sentuh," tambahnya.
Gerakan Indonesia Raya Bergema bakal dicanangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2021 secara live streaming dari bangsal Kepatihan.
Rangkaian acara dimulai pukul 09.00 dibuka penampilan pentas biola lagu-lagu perjuangan, talkshow dengan sejumlah narasumber, dilanjut pidato pencanangan oleh Gubernur DIY serta puncaknya pukul 10.00 menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sejumlah tempat seperti kampus, perkantoran swasta dan pasar tengah dipersiapkan agar pada saat sama menggelar acara serupa sehingga membentuk suatu kesatuan selebrasi kebangsaan yang menarik dan bergelora.
ADVERTISEMENT
Terpisah sederet artis Nasional seperti group musik Slank, penyanyi Sawung Jabo, Katon Bagaskara, Inul Daratista, Indra Bekti, komedian Cak Lontong, Komeng dan Jarwo Kuwat dan serta musisi Yogya Krishna Encik dan Lilik Shagydog turut menyatakan mendukung gerakan Indonesia Raya Bergema. Mereka berharap gerakan yang dimulai dari Yogya dapat menyebar ke seantero pelosok Nusantara. (Rilis / YIA-1)