Tekno & Sains
·
23 Februari 2021 16:21

Profesor John Hopkins Percaya Pandemi di AS Akan Berakhir April 2021

Konten ini diproduksi oleh Pandangan Jogja
Profesor John Hopkins Percaya Pandemi di AS Akan Berakhir April 2021 (110689)
Uji klinis vaksin COVID-19. Foto: Dok. Unviersitas Oxford
Dalam sebuah kolom opini di Wall Street Journal beberapa waktu lalu, Marty Makary, yang merupakan seorang professor dari Johns Hopkins School of Medicine mengatakan bahwa coronavirus di Amerika Serikat bisa berada dalam kondisi “sebagian besar” hilang pada April nanti.
ADVERTISEMENT
“Ada alasan untuk berpikir bahwa negara sedang berpacu menuju tingkat infeksi yang sangat rendah,” tulis Makary. “Karena semakin banyak orang yang terinfeksi, sebagian besar memiliki gejala ringan atau tanpa gejala, semakin sedikit orang Amerika yang tersisa untuk terinfeksi. Pada lintasan saat ini, saya memperkirakan COVID sebagian besar akan hilang pada bulan April, memungkinkan orang Amerika untuk melanjutkan kehidupan normal.”
Vaksinasi dan juga tingginya jumlah orang yang telah terinfeksi di AS (lebih dari 28 juta orang) berkontribusi pada kekebalan kelompok di musim semi, kata Makary. Angka infeksi harian terus menurun hingga 77% sejak Januari. Sebagai negara yang pernah menjadi episentrum coronavirus di dunia, ini tentu kabar baik.
Gedung Putih dan pakar lainnya belum berbagi rasa optimisme yang sama, dengan beberapa orang mengatakan kekebalan kelompok tidak akan tercapai setidaknya hingga akhir tahun.
ADVERTISEMENT
Herd immunity terjadi ketika cukup banyak orang dalam suatu populasi menjadi kebal terhadap virus, virus semakin kesulitan mencari inang dan akhirnya menghilang. Makary juga mengatakan itu akan melindungi dari strain baru virus korona agar tidak menyebar.
“Ketika rantai penularan virus diputus di banyak tempat, lebih sulit untuk menyebarkannya –dan itu termasuk varian baru virus,” katanya.
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menargetkan pandemi corona di Indonesia sudah dapat dikendalikan pada 17 Agustus tahun ini. Target ini dinilai dapat dicapai jika pemerintah memiliki kebijakan yang tepat dan masyarakat juga patuh pada kebijakan penanganan pandemi ini. Syarat utama kepatuhan dan disiplin ini harus terpenuhi terlebih dahulu.
Program vaksinasi pada Agustus nanti sudah menjangkau cukup populasi di kota-kota besar yang merupakan pusat mobilitas masyarakat. (Anasiyah Kiblatovski / YK-1)
ADVERTISEMENT