kumparan
Mom10 Januari 2020 8:36

Tren Parenting 2020 di Inggris Ini Bisa Jadi Inspirasi Ibu Indonesia

Konten kiriman user
family-2972218_1920.jpg
ilustrasi orang tua di Inggris. Foto : Pixabay
Sebuah komunitas parenting online di UK Inggris, channelmum, telah melakukan penelitian terhadap 2.000 orang tua di sana mengenai konsep parenting seperti apa yang akan diterapkan pada tahun 2020 ini. Hasilnya sungguh mengejutkan, 93 persen para orang tua di kerajaan Ratu Elizabeth II itu begitu khawatir dengan dampak negatif dari dunia modern.
ADVERTISEMENT
Di antara kekhawatiran orang tua Inggris itu adalah memburuknya kualitas lingkungan bagi tumbuh kembang anaknya dan kesehatan mental atau depresi yang mengancam anak-anak mereka karena kesepian, terjebak di dunia gadget.
Maka, 93 persen orang tua dari 2000 sampling penelitian itu berencana untuk menerapkan parenting yang mengajak anaknya menjadi bagian dari penyelamatan dunia.
Berikut redaksi pilihkan 4 pola parenting yang relevan dengan kehidupan di tanah air dari total 10 pola yang menjadi pilihan para orang tua di kerajaan Inggris Raya.
maxresdefault-2.jpg
How Dare You jadi ungkapan paling terkenal dari Greta Thunberg yang menggambarkan kemarahan anak-anak pada orang dewasa yang telah merusak lingkungan tempat tinggal anak-anak di masa depan. Foto : rebelnews
  1. Efek Greta. Alih-alih melihat orang dewasa sebagai orang yang tahu segalanya, 2020 adalah tentang mendengarkan anak-anak dan mengakui bahwa mereka dapat menjadi aktivis dengan menyuarakan hak mereka sendiri. Greta Thunberg telah menunjukkan bahwa anak-anak memiliki kekhawatiran dan misi yang sangat nyata. Tidak ada rasa malu ketika membiarkan anak-anak mengajar dan memimpin orang dewasa.
  2. Permainan keluarga. Daripada hanya duduk di depan TV pada Sabtu malam, keluarga akan mulai menghabiskan waktu bersama dengan menikmati permainan kelompok multi-pemain, yang terdiri dari para anggota keluarga.
  3. Model pengasuhan bebas plastik. Dalam upaya untuk menjadi lebih ramah lingkungan, banyak orang tua berencana untuk membuang plastik sepenuhnya di tahun baru. Sekarang adalah "waktunya untuk kekuatan anak", mendengarkan keprihatinan anak-anak mereka tentang kesehatan mental dan masalah lingkungan kemudian mengubah cara mereka menjadi orang tua. Tren ramah lingkungan teratas adalah menghilangkan semua plastik limbah keluarga dari popok hingga produk mandi dan pakaian.
  4. Everyday Take 20. Ini adalah ide yang bagus untuk dicoba oleh siapa saja--bukan hanya orang tua. Everyday Take 20 didasarkan pada gagasan orang tua menyisihkan 20 menit setiap hari untuk duduk bersama anak-anak mereka dan mendengarkan apa pun yang mereka katakan, bebas dari gangguan apa pun. Bayangkan bagaimana ikatan Anda akan berubah jika Anda melakukan ini dengan pasangan, teman, atau seseorang yang bekerja dengan Anda, serta anak-anak Anda.
ADVERTISEMENT
Nampaknya tren pengasuhan tahun 2020 akan lebih memperhatikan dan peduli atas kebutuhan anggota termuda masyarakat, yaitu anak-anak. Sekarang waktunya untuk “Child Power.” (Maya Puspitasari / YK-1)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan