kumparan
17 Oktober 2019 21:25

117 Desa di Kabupaten Tegal Gelar Pilkades, Ada Anak Lawan Bapak

SLAWI - Sebanyak 117 desa dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2019. Pesta demokrasi (Pilkades) rencananya akan digelar pada 20 November 2019.
ADVERTISEMENT
Dari 117 desa itu, ada dua desa yang bakal menarik perhatian dalam Pilkades. Sebab, bakal calon (Balon) Kades masih satu keluarga. Yakni di Desa Mindaka, Tarub, dua Balon Kades merupakan bapak dan anak. Sementara di Desa Wangandawa, Kecamatan Talang, Balon Kades merupakan pasangan suami istri.
Menariknya lagi, bapak dan anak Balon Kades itu masih tinggal seatap atau satu rumah. Si bapak bernama Agus Sukanto. Lawannya anak sendiri yang bernama Ragil Suharsono.
Mencuatnya kabar bapak dan anak maju dalam Pilkades dibenarkan oleh Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal, Gunawan
Saat dikonfirmasi panturapost.com, Kamis (17/10/2019), Gunawan menerangkan, Pilkades di Desa Mindaka Kecamatan Tarub hanya ada dua pendaftar Balon Kades. “Dua pendaftar itu berasal dari satu keluarga. Yakni anak dengan bapaknya,” tutur dia.
ADVERTISEMENT
Di Desa Mindaka, kata dia, peminat menjadi Kades memang sedikit. Bahkan dikabarkan, sang anak itu disuruh bapaknya untuk daftar menjadi Balon Kades. “Anak disuruh untuk menjadi lawan bapaknya dalam ajang Pilkades," kata dia.
Di tempat terpisah, Ketua Panitia Pilkades Desa Mindaka Aji Agus Efendi membenarkan adanya dua bakal calon kades yang merupakan bapak dan anak.
Dalam pilkades di gelombang III ini ada 14 desa yang memiliki bakal calon kades hanya dua bakal calon kades. Jika sesuai aturan, minimal calon Kades memang harus ada dua (2) orang dan maksimal lima (5) orang.
Jika merujuk pada timeline Pilkades gelombang III, penetapan dari Balon menjadi calon Kades diumumkan pada 22 Oktober 2018 mendatang. Sejauh ini, total pendaftar yang menjadi Balon Kades di 117 desa yang menggelar Pilkades pada gelombang III, ada 486 orang bakal calon. Gelombang III ini peminatnya lebih banyak dari gelombang II tahun 2018 lalu. Dari itu semua, total ada 47 incumbent maju lagi di Pilkades gelombang III 2019 ini. (*)
ADVERTISEMENT
Reporter : Bentar
Editor : Muhammad Abduh
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan