Pencarian populer
PUBLISHER STORY

3 TPS di Brebes Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

Anggota Bawaslu Brebes, Yunus Awaludin Zaman. (Foto: Fajar Eko Nugroho)

BREBES - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Brebes menyatakan ditemukan pelanggaran pemilu yang berpotensi pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal itu berdasarkan pengawasan selama pemilihan umum serentak, Rabu (17/4) kemarin.

"Ada temuan pelanggaran pemilu yang berpotensi melakukan PSU di 3 TPS," ucap Komisioner Bawaslu Brebes Divisi Penindakan, Yunus Awaludin Zaman, Kamis 18 April 2019.

Ia menerangkan, tiga TPS yang berpotensi menggelar PSU berada di tiga desa di Kecamatan Bantarkawung, Brebes. Rincianya TPS 12 Desa Cipang, TPS 13 Desa Banjarsari, dan TPS 28 Desa Pangebatan.

"Pelanggaran pemilu yang kita temukan, ada tiga orang yang memiliki KTP elektronik dari luar daerah mencoblos di tiga TPS itu. Tapi, tiga pemilih itu tak memiliki formulir A5 dan juga tak terdaftar sebagai di DPT, DPTb, ataupun DPK," beber dia.

Tiga orang yang memilki KTP untuk mencoblos di TPS di luar domisili, lanjut dia, sesuai aturan tidak boleh. Seharusnya, pemilih yang berpindah TPS atau melakukan prosedur pindah memilih wajib membawa formulir A5 untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

Formulir A5 merupakan keterangan pemilih yang berpindah dari TPS asal ke TPS tujuan yang didapatkan dari kantor desa/kelurahan atau kantor KPU provinsi.

"Temuan ini sudah kita laporkan ke Bawaslu Jateng. Saat ini kita sedang menunggu rekomendasi selanjutnya dari sana," jelasnya.

Reporter: Fajar Eko Nugroho

Editor: Irsyam Faiz

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23