kumparan
27 Maret 2019 21:04

Ayo Buat Paspor di Kantor Imigrasi Brebes

Peresmian UKK Keimigrasian non TPI di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 27 Maret 2019. (foto: fajar eko nugroho)
BREBES - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ronny F Shompie meresmikan Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian non TPI di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 27 Maret 2019.
ADVERTISEMENT
Adapun Kantor Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang di Kabupaten Brebes berada di Jalan Jenderal Sudirman. Ia mengatakan, jika unit kerja kantor Imigrasi di Brebes ini merupakan unit kerja kesembilan di Indonesia.
Secara nasional, UKK Imigrasi ini baru terbentuk di 125 kantor se-Indonesia. Padahal total kabupaten atau kota di Indonesia mencapai 514.
Dengan diresmikannya UKK Imigrasi ini, maka untuk pelayanan keimigrasian, seperti pembuatan dan pergantian paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa dilakukan di Kabupaten Brebes.
Selain itu juga, UKK Imigrasi ini juga memberikan peelayanan untuk pemberian dan perpanjangan izin tinggal Warga Negara Asing (WNA) yang berada di wilayah Kabupaten Brebes.
"Keberadaan UKK ini diharapkan dapat mendekatkan pelayanan keimigrasian ke masyarakat. Karena saat ini satu kantor Imigrasi masih memberikan pelayanan ke beberapa kabupaten dan kota di Indonesia," ucap Ronny F Shompie.
ADVERTISEMENT
Menurut dia, pertimbangan UKK Imigrasi di Kabupaten Brebes lantaran banyaknya warga Brebes yang menjadi tenaga kerja ke luar negeri maupun berangkat haji dan umroh. "Jadi warga tidak lagi harus pergi jauh-jauh ke Pemalang untuk mengurus paspor sebagai syarat wajib sebelum ke luar negeri," ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti kehadiran UKK Imigrasi di wilayahnya merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Brebes dan Dirjen Imigrasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
“Saya mengharapkan dengan berdirinya UKK Imigrasi Kelas II Kabupaten Brebes dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhuhi kebutuhan dokumen keimigrasian,” ucap Idza Priyanti. (*)
Reporter : Fajar Eko Nugroho
Editor : Muhammad Abduh
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan