kumparan
5 Des 2018 21:26 WIB

Bersiap! Awal 2019 Pembetonan hingga Pengaspalan di Jalur Tegal - Purwokerto

Ruas jalan Tegal - Purwokerto yang telah diperbaiki. (foto: reza abineri)
ADVERTISEMENT
TEGAL - Lubang dan pemukaan ruas jalan yang ada di Kabupaten Tegal dan Brebes sebentar lagi akan diperbaiki. Rencananya pemerintah pusat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai memperbaiki ruas di jalur tengah Provinsi Jateng tersebut pada awal 2019.
"Seluruhnya akan ada 10 kilometer jalan akan diperbaiki. Tersebar beberapa titik di Brebes dan Tegal," kata Pejabat Pembuat Komitmen Jalan Pejagan Brebes-Slawi Tegal-Batas Banyumas BBPJN VII Kementerian PUPR Himawan Teguh Santoso, Rabu, 5 Desember 2018.
Pengaspalan hotmix ataupun pembetonan menjadi metode perbaikan ruas jalan nasional tersebut. Kota Bumiayu dan jalan lingkar Bumiayu Kabupaten Brebes menjadi titik yang akan menggunakan rabat beton sepanjang 8 kilometer.
ADVERTISEMENT
"Perbaikan dalam Kota Bumiayu dimulai dari turunan Talok Desa Dukuhturi. Tepatnya di depan SMA BU NU Bumiayu hingga titik pertemuan jalan lingkar," kata Himawan.
Khusus untuk jalan lingkar, direncanakan akan diperbaiki total dari titik awal hingga akhir. Himawan menyadari perbaikan ruas jalan Kota maupun lingkar Bumiayu rawan kemacetan. Sehingga perbaikan dilakukan bergantian pada kedua jalan tersebut.
"Kalau perbaikan dilakukan berbarengan pasti menimbulkan kemacetan. Maka kita memilih satu terlebih dahulu, agar arus kendaraan bisa dialihkan," jelas dia.
Himawan menambahkan jalan di Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes juga akan dilakukan pelebaran ruas. "Akan kita lebarkan ruasnya, terutama di tikungan Pasar Linggapura," ungkapnya.
Masuk wilayah Kabupaten Tegal, perbaikan jalan juga diteruskan di ruas jalan dekat flyover Klonengan yang menuju Margasari Kabupaten Tegal. "Desember ini diharapkan sudah (teken) kontrak. Sehingga, awal 2019 besok sudah mulai dikerjakan," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Untuk anggaran perbaikan, Himawan menuturkan belum bisa menyebutkan karena masih dalam proses lelang. (*)
Reporter : Reza Abineri
Editor : Muhammad Abduh
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan