Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Cegah Banjir, Warga Brebes Turun ke Sungai Bersihkan Sampah

BREBES - Tak ingin daerahnya dilanda banjir lagi, ratusan warga Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes melakukan aksi gotong royong membersihkan sampah yang berada di aliran sungai gondang, Jum'at pagi 11 Januari 2019.

Sebagaimana diketahui, beberapa tahun belakangan ini, saat memasuki musim hujan pada periode Januari - Februari, beberapa titik di Jatibarang selalu dilanda banjir. Penyebabnya berasal dari luapan sungai Gondang yang melintang di tengah wilayah tersebut.

Ratusan warga bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Jatibarang, TNI, Polri, turun ke sungai untuk memberishkan sampah yang menggunung. Ada juga bantuan dari anggota organisasi kepemudaan seperti Pemuda Pancasila, Banser dan Kokam.

Dari pantauan, di sungai tersebut memang banyak timbunan sampah yang menyangkut di tengah maupun di pinggir. Terlebih di bawah jembatan, banyak bambu besar yang menghambat lajunya sampah. Bambu tersebut berasal dari penebangan warga yang tidak terpakai.

Untuk mengurainya, pasukan kerjabakti menggunakan tambang yang dikaitkan dengan sampah bambu. Kemudian mereka menariknya ke daratan yang kemudian dikumpulkan untuk diangkut ke tempat pembuangan sampah.

Plt Camat Jatibarang, Subagya, menuturkan selain untuk pencegahan banjir, kegiatan ini juga untuk menyambut hari jadi Kabupaten Brebes.

"Ini juga memperingati Hari Jadi Brebes ke 341, sekaligus menghindari adanya banjir di musim penghujan ini. Karena salah satu simpul penyebab banjir adalah banyaknya sampah yang ada di kaligondang terutama di bawah jembatan ini," jelas Subagya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga lingkungan agar tidak terjadi banjir.

"Untuk menghindari adanya banjir, kami mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai membuang sampah di sungai yang akhirnya menimbulkan banjir. Karena dampaknya sangat luas sekali," pungkas Subagya.

Reporter: Yunar Rahmawan

Editor: Muhammad Irsyam Faiz

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: