kumparan
KONTEN PUBLISHER
20 Januari 2020 15:36

Cetak KTP-el Serentak, Ratusan Warga Geruduk Kantor Kecamatan Brebes

WhatsApp Image 2020-01-20 at 15.10.18.jpeg
Warga sabar antre untuk mendapat pelayanan KTP-el di kantor Kecamatan Brebes. (foto: fajar eko nugroho)
BREBES - Puluhan warga Kecamatan Brebes menggeruduk kantor kecamatan setempat, Senin (20/1/2020). Kedatangan mereka untuk antre pendaftaran pencetakan KTP elektronik.
ADVERTISEMENT
Yuni (30) seorang warga Kelurahan Brebes mengaku mendapat informasi dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Brebes jika pencetakan KTP-el sudah mulai diberlakukan serentak di masing-masing kecamatan.
"Dapat info itu, saya langsung ke sini (kantor kecamatan, red), ternyata juga banyak warga lainnya yang antre untuk mencetak KTP-el," ucap Yuni.
Ia pun berharap, persediaan blanko e-KTP bisa memenuhi kuota pengajuan dari semua masyarakat. Sehingga, keperluan KTP-el bisa terakomodir dan digunakan.
"KTP-el ini sangat penting, termasuk persyaratan wajib mengurus administrasi. Ya meskipun surat keterangan bisa, tapi dengan KTP-el lebih praktis saja," jelasnya.
Sementara itu, Camat Brebes Eko Purwanto mengatakan, dibuka sekitar dua jam sejak buka, pelayanan terkait KTP-el langsung diserbu ratusan masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Baru sebentar saja, sudah 200 antrean pencetakan KTP-el bagi yang sudah melakukan perekaman sebelumnya. Ya meskipun juga ada beberapa pengajuan pencetakan karena mengubah identitas atau status perkawinan. Sehingga harus dilakukan pencetakan kartu ulang," ucap Eko Purwanto.
Ia menyatakan, berapapun jumlah pengajuan pencetakan KTP-el akan dilayani oleh pihak Kecamatan. "Untuk blanko ETP-el juga sudah siap cetak. Tapi masyarakat tetap harus sabar dulu," beber dia.
Eko mengutarakan, kendala yang dialami selama ini terkait KTP-el yakni ketersediaan blanko dan server yang error atau bermasalah lantaran gangguan koneksi jaringan.
"Mudah-mudahan nggak ada gangguan jaringan. Yang hari ini tadi sudah didaftar antrean silahkan diambil KTP-el secepatnya," pungkas dia. (*)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan