kumparan
14 Des 2018 16:05 WIB

Dengungan Terdengar di Langit Jateng, BMKG: Sepertinya Suara Pesawat

Fotografi Lanskap Langit (Foto: pixabay/sayama)
TEGAL - Terjadi fenomena suara dengungan yang terdengar pada Jumat dini hari (14/12). Suara itu terdengar kencang di langit wilayah Jawa Tengah. Di antaranya di Kabupaten Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, hingga Brebes.
ADVERTISEMENT
Panturapost.com pun mencoba meminta konfirmasi terkait fenomena alam tersebut ke pihak Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara. Menurut Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyo Aji, fenomena adanya suara gemuruh tersebut karena adanya sesuatu yang lewat di udara.
"Sepertinya itu suara gemuruh akibat pesawat terbang, mas," katanya kepada Panturapost, lewat pesan singkat, Jumat (14/12).
Dia tidak menjelaskan secara pasti, pesawat jenis apa yang dimaksud. Namun, dia memastikan suara tersebut bukan karena adanya aktivitas gempa bumi.
"Berdasarkan catatan BMKG, pada sekitar jam tersebut, tidak ada event (aktivitas) gempa bumi tercatat," ujar dia.
Sebagaimana diketahui, suara misterius itu muncul sekitar pukul 01.00 WIB. Sejumlah warga mengaku heran dan kaget lantaran suara itu tidak lazim.
ADVERTISEMENT
Seorang warga Tegal, Irvan Nur Arifin (25), mengaku cukup terganggu. Bahkan, dia hampir mau muntah karena suara itu terlalu keras dan bikin pusing. “Perut saya sampai mual,” kata dia.
Menurut Irvan, jika dengungan itu dikaitkan dengan suara mesin pesawat, itu cukup masuk akal. “Malah awalnya saya kira suara truk karena rumah saya dekat jalan pantura. Tapi kalau ada dugaan mirip suara pesawat bisa jadi,” kata dia.
Sebelumnya, fans page Facebook Pekalongan INFO (@pekalonganinfo) mengunggah video rekaman suara itu sekitar pukul 01.45 WIB. Dalam video berdurasi 17 detik itu, terdengar suara dengungan dari langit.
Karakter suara itu memang mirip mesin pesawat yang terbang dengan rendah. Andriyani Phuji Rahayu, salah seorang warganet asal Kabupaten Batang, mengaku mendengar suara tersebut dengan jelas. Dia juga mengira itu adalah suara pesawat.
ADVERTISEMENT
Saya d batang/gringsing juga dnger kira q psawt keras bngt ky d atas rumah (Saya di Batang/Gringsing juga dengar. Kirain aku pesawat. Keras banget kaya di atas rumah),” tulisnya di kolom komentar video tersebut.
Reporter: Reza Abineri
Editor: Muhammad Irsyam Faiz
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan