kumparan
KONTEN PUBLISHER
21 Januari 2020 19:49

Di Kebun Antapsari Brebes, Ratusan Butir Durian Ludes dalam Sehari

WhatsApp Image 2020-01-21 at 19.35.42.jpeg
Durian di Kebun Antapsari Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. (Foto: Reza Abineri)
BREBES - Anda pecinta buah durian? Tempat di Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Brebes ini mungkin bisa jadi pilihan Anda. Nama tempatnya Kebun Antapsari yang memiliki luas sekira enam hektare. Saat musim panen seperti saat ini, tempat tersebut selalu ramai oleh pengunjung.
ADVERTISEMENT
Ada empat jenis durian di Kebun Antapsari. Yakni Durian Montong, Motong Golden dengan warna daging keemasan, hingga durian lokal unggulan Sitokong dan Durian Cane. Harga durian di tempat ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram.
Untuk rasanya, pengunjung disediakan pilihan yang bervariatif seperti Durian Sitokong yang memiliki rasa manis legit. Untuk yang suka dengan durian teksture daging yang lembut seperti margarine namun tidak begitu manis, maka Anda bisa coba Durian Cane.
WhatsApp Image 2020-01-21 at 19.34.15.jpeg
Menikmati durian di Kebun Antapsari Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. (Foto: Istimewa)
Kemudian dari ukuran jumbo, berdaging tebal, dan berbiji kecil, rasa sedikit gurih dan manis, dapat mencoba Durian Montong atau Golden Montong. Satu buah durian ini bisa memiliki bobot hingga 13 kilogram.
Pemilik Antapsari, Subhanudin, mengatakan tiap harinya ada ratusan buah yang sedia dimakan. Umumnya Durian Lokal dan Sitokong. Setiap hari, ratusan durian yang disediakan sering habis. Dia tidak menyebut berapa jumlah pastinya, yang jelas, ada lebih dari 200 butir durian ludes terjual. "Mulai Januari lalu kita sudah masa panen. Kalau di rata-rata laku ratusan buah dalam sehari," katanya.
ADVERTISEMENT
Meski omzet per hari sekitar jutaan rupiah, untuk bulan ini, kata dia, belum masuk puncak panen. Diperkirakan pada Februari akan datang menjadi puncak ramai kebun pribadi miliknya itu. "Kalau nanti Februari montong dan montong golden sudah panen akan semakin ramai lagi," tutur dia.
WhatsApp Image 2020-01-21 at 19.34.14.jpeg
Durian di Kebun Antapsari Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. (Foto: Irsyam Faiz)
Sebagai informasi, sejarah Kebun Antapsari pertama dirintis oleh ayahnya pada tahun 1996, yang saat itu ayahnya mengembangkan bibit durian lokal bernama sitokong dan durian montong. "Bibit kita punya sendiri, didatangkan dari relasi yang lain. Ada durian montong, montong juga ada dua versi, golden montong dan montong biasa. Sementara yang Sitokong langsung didatangkan dari Jakarta," katanya.
Untuk satu kilogram durian montong dan golden montong dibandrol dengan harga Rp 70 ribu. Sementara untuk durian lokal dijual seharga Rp 35 ribu per kologram. Sedangkan durian lokal biasa Rp 35 ribu per kilogram.
ADVERTISEMENT
Ohya, di sini, Anda tak perlu khawatir mendapatkan durian zonk. Sebab, Anda bisa mencicipi dulu durian yang akan dimakan. Jika dalam satu durian itu ada yang busuk atau tidak manis, maka akan diganti atau dikurangi harganya.
Bagaimana, tertarik ingin mencobanya?
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan