News
·
4 Agustus 2020 20:31

Gugus Tugas Pemalang Temukan Sembilan Orang Positif COVID-19

Konten ini diproduksi oleh PanturaPost
Gugus Tugas Pemalang Temukan Sembilan Orang Positif COVID-19 (276455)
PEMALANG - Setelah Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Pemalang melakukan tracking terhadap orang-orang yang terpapar COVID-19 sebelumnya, ditemukan 9 orang terkonfirmasi positif COVID-19.
ADVERTISEMENT
Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan, COVID-19 Kabupaten Pemalang, Tutuko Rahardjo, Senin (3/8) mengatakan bahwa sembilan orang yang dinyatakan positif merupakan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sampel swab mereka.
"Penambahan kasus baru ini merupakan hasil tracking terhadap orang-orang yang terkonfirmasi positif COVID-19," katanya saat press release di Posko Gugus Tugas.
Data sembilan orang yang terkonfirmasi positif, pertama yakni perempuan inisial ESH (56) asal Kecamatan Petarukan. Kedua, laki-laki inisial K (73) asal Kecamatan Taman. Ketiga, laki-laki inisial K (57) asal Kecamatan Bantarbolang. Empat, laki-laki inisial TN (50) asal Ulujami. Lima, perempuan inisial SL (16) asal Petarukan. Enam, perempuan inisial RWI (20) Asal Petarukan. Tujuh, laki-laki inisial KAS (21) asal Bodeh. Delapan, perempuan inisial TE (27) asal Bodeh dan sembilan, perempuan inisial P (49) asal Ulujami.
ADVERTISEMENT
"Kami juga sampaikan bahwa salah satu dari sembilan pasien itu, yakni inisial P telah meninggal Senin dinihari lalu. Kesembilan 9 kasus baru ini ditemukan dari hasil tracking kepada beberapa orang positif dan juga ditemukan pada saat perawatan pasien," ujarnya.
Dengan adanya penambahan itu, lanjut Tutuko, maka jumlah total kasus terkonfirmasi di Kabupaten Pemalang berubah menjadi 103 orang. Dari jumlah tersebut, 53 orang dinyatakan sembuh, 43 orang menjalani perawatan, baik mandiri maupun menjalani perawatan di rumah sakit dan 7 orang meninggal dunia.
Selain itu, Tutuko juga menyampaikan bahwa terdapat 2 pasien positif COVID-19 yang dinyatakan negatif atau sembuh berdasarkan pemeriksaan laboratorium sampel swab. Keduanya adalah laki-laki inisial EK (27) asal Bantarbolang dan perempuan inisial P (44) asal Kecamatan Taman.
ADVERTISEMENT
"Selain itu, kami juga meinformasikan bahwa pada 31 Juli terdapat pasien positif lain yang meninggal. Pasien tersebut adalah laki-laki inisial N (66). Pasien adalah penduduk Jakarta dan berdomisili di Comal," jelasnya.
Untuk penanganan COVID-19 di Kabupaten Pemalang, Gugus Tugas juga telah melakukan test cepat atau rapid test terhadap 3598 orang, terhitung sejak tanggal 22 Juli hingga tanggal 31 Juli. Hasil rapid test tersebut, ditemukan beberapa orang yang hasilnya reaktif. Kemudian, di waktu yang sama, juga dilakukan pengambilan sampel swab terhadap lebih dari 1000 orang.
"Untuk yang rapid test dan hasilnya reaktif, kami langsung lakukan pengambilan sampel swab. Kemudian juga, untuk 1000 yang menjalani swab test, hasilnya akan disampaikan secara bertahap," pungkasnya. (*)
ADVERTISEMENT