kumparan
News1 Januari 2019 20:45

Hujan Tidak Surutkan Semangat Puluhan Ribu Wisatawan Nikmati Guci

Konten Redaksi Pantura Post
OBYEK wisata Guci Kabupaten Tegal masih menjadi tempat favorit untuk berlibur. Hari terakhir libur panjang, Natal dan tahun baru pada tanggal 1 Januari 2019, tempat wisata pemandian air panas itu dipenuhi pengunjung. Tercatat dari tanggal 1 Januari 2018, pukul 14.30 terdapat 8.247 pengunjung. Diperkirakan sampai menjelang malam penghujung pergantian tahun mencapai 10‎.000 lebih wisatawan. Cuaca hujan tidak menyurutkan semangat mereka untuk menikmati Guci.
ADVERTISEMENT
Pantauan panturapost.com, Selasa (1/1 ), para wisatawan tidak hanya datang dari wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Banyak juga wisatawan dari luar daerah yang mendatangi Guci untuk menghabiskan libur panjang.
Hal itu ditunjukkan dari mobil pribadi berplat nomor Jakarta (B), Jawa Barat, dan luar kota lainnya, yang memadati jalan dan tempat parkir. Termasuk bus - bus yang mengangkut rombongan wisatawan dari luar daerah. Sampe tadi sore para wisatawan masih banyak yang keluar masuk, dan antrian kendaraan pun terjadi di gerbang masuk dan keluar gerbang.
Di antara wisatawan yang menikmati udara sejuk dan panorama Guci, terlihat para muda mudi, dan rombongan keluarga. Berjalan kaki sambil bergandengan tangan dengan pasangan dan keluarganya. Dengan payung dan jas hujan, hujan yang turun dari pukul 13.00 tidak mengurangi mereka untuk berwisata. Tetap bersemangat menikmati panorama alam dan air panas di Guci.
ADVERTISEMENT
Salah satu pengujung asal Karawang Jawa Barat, Susan dengan keluarganya mengatakan, saat ini ke Guji, karena anak nya ingin mandi air panas dan menikmati panorama alam di Guci. “Kebetulan saya punya saudara di Tegal. Tadi sengaja berangkat dari pagi biar ga kena macet. Tapi ternyata rame banget di Guci. Akhirnya saya kena macet juga saat mau pulang. Tapi liburan tahun ini seru, kita kena hujan terus mandi air panas,” ungkapnya.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Obyek Wisata Guci Abdul Haris mengungkapkan, peningkatan jumlah wisatawan puncaknya di tanggal 1 Januari 2019, karena hari itu hari terakhir libur panjang dan libur sekolah, Selasa (1/1).
“Jumlah wisatawan tanggal 25 - 31 Desember 2017 mencapai 39.849 orang, dan untuk tanggal 25 - 31 Desember tahun 2018 melonjak, mencapai 46.705 untuk dewasa dan anak anak. Belum di hari ini (Selasa, red). Hari ini dari jam setengah tiga sore tercatat wisatawan mencapai 8.427 dewasa dan anak-anak wisatawan. Kemungkinan sampe malam bisa mencapai 10 ribu wisatawan. Karena masih banyak pengunjung yang masuk ke wisata Guci. Kemungkinan wisatawan bisa mencapai hampir 60 ribu.”
ADVERTISEMENT
Dia mengakui masih ada kendala apabila wisatawan tumpah ruah. Yakni lahan parkir masih kurang maksimal. Dan juga kurang lampu jalan. Lahan parkir sangat penting karena banyaknya kendaraan yang masuk Guci. Di tanggal 25 - 31 Desember 2018, kendaraan roda dua mencapai 5.637 kendaraan, kendaraan roda empat 3.663 kendaraan, dan bus 107 bus. “Itu belum kendaraan di hari ini (Selasa. red).”
Untuk pendapatan daerah dari sektor ini, dia mengungkapkan, target Rp 4.755.000.000. Sampe saat ini sudah melebihi target. “Sudah 116 persen.” (*)
Reporter : Bentar
Editor : Muhammad Abduh
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan