Pencarian populer
PUBLISHER STORY
News

Jembatan Putus, Logistik Pemilu di Brebes Harus Sebrangi Sungai

BREBES – Jembatan Wadas Gumatung di Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong, Brebes, yang terputus pada Februari 2017 silam belum mendapatkan perhatian dari dinas terkait. Hingga sekarang, jembatan itu belum dibangun kembali.

Akibatnya, warga di Dukuh Wadas Gumantung terpaksa harus menyeberang sungai ketika akan menuju ibu kota Kecamatan Tonjong. Termasuk, anak-anak sekolahpun setingkat SMP dan SMA harus berhati hati ketika menyebrang untuk menuju sekolahnya.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono bersama sejumlah anggotanya, dan perangkat desa setempat mengecek langsung kelokasi, Kamis sore (17/1) kemarin.

"Pengecekan ini kita lakukan terkait rencana pendistribusian logistik dan pengamanan Pemilu 2019. Juga untuk mengetahui langsung kondisi jembatan yang putus tersebut," ucap Aris Supriyono, Jumat 18 Januari 2019.

Saat pengecekan, Kapolres melihat langsung bagaimana sulitnya untuk menuju akses pedukuhan yang dihuni sekitar 900 warga tesebut. Sore itu, tampak siswa tingkat SMP bergantian menyeberangi sungai yang tidak begitu dalam. Aliran muara Sungai Pedes tersebut menyusut.

Siswa-siswi tampak berhati-hati menyeberangi sungai. Tangan mereka memegang sepatu yang dilepas agar tidak basah. Selepas menyeberang, mereka baru bisa kembali memakai sepatu yang sebelumnya dilepas saat menyeberangi sungai.

Tampak juga pengendara sepeda motor harus berhati hati agar tidak jatuh dan terpelseset ketika menyebrang sungai untuk bisa bisa sampai ke kota maupun desa tetangga.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu kepada dusun yang ikut meninjau, Siwo, mengatakan dirinya juga harus melakoni rutinitas menyebrangi sungai.

Siwo dan warga berharap pemerintah secepatnya membangun kembali jembatan yang putus. Sebab keberadaan dan fungsi jembatan sangat penting bagi warga Dukuh Wadas Gumantung.

“Dengan adanya jembatan, setidaknya mobilitas warga dan anak sekolah tidak terganggu, terutama kalau sungai banjir,” kata Siwo.

Apalagi, kata dia, warga mengaku kerepotan kalau musim penghujan. Sungai kerap meluap sehingga tidak bisa menyeberang.

Melihat kondisi tersebut, Aris segera berkoordinasi dengan Pemkab Brebes dan pihak terkait agar jembatan itu segera ditangani.

Sementara itu, Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi, berharap Pemkab Brebes segera memberi perhatian khusus terhadap kondisi tersebut. Sebab, saat distribusi logistik pemilu nanti, maka bisa dipastikan akan melewati sungai tersebut.

"Sudah beberapa kali penyelenggaraan pemilu selama ini, terkait distribusi logistik pemilu harus menyeberangi sungai. Kalau lagi arus deras memang menjadi kendala," ucap Riza.

Reporter: Fajar Eko Nugroho

Editor: Muhammad Irsyam Faiz

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: