News
·
7 November 2020 20:07

Jurnalis dan Sutradara Muda Tegal Latifah Fauziyah Meninggal Dunia

Konten ini diproduksi oleh PanturaPost
Jurnalis dan Sutradara Muda Tegal Latifah Fauziyah Meninggal Dunia  (493674)
Latifah Fauziyah. (Foto: Istimewa)
TEGAL - Jurnalis di Tegal Latifah Fauziyah Rosidin meninggal dunia Jumat (6/11/2020) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Perempuan yang juga sutradara film pendek Baskara ke Wukir wafat karena sakit di usia 26 tahun.
ADVERTISEMENT
Gadis yang akrab disapa Ifa telah dikebumikan di TPU sekitar kediaman orang tuanya di Pedukuh Sulang, Desa Mejasem Timur, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (7/11/2020).
Ifa meninggal akibat sakit ginjal yang sudah dideritanya cukup lama. Ifa diketahui harus beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit.
Latifah Fauziyah adalah jurnalis di Radio Elshinta yang bertugas meliput di Tegal dan sekitarnya. Dia juga tercatat pernah menjadi wartawan magang di PanturaPost.com selama 2 bulan. Selama hidup, dia termasuk rajin dan pekerja keras. 
Tak hanya dikenal sebagai jurnalis, Ifa merupakan sineas muda berbakat. Salah satunya, Ifa sukses mensutradarai film Baskara ke Wukir yang merupakan satu dari 7 film pendek pemenang gelaran Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Salah satu rekan seprofesi di jurnalis, Kuncoro, mengakui Ifa merupakan reporter yang gigih dan sineas muda yang handal dan cukup produktif.
"Meski belajar sinematografi secara otodidak, beberapa film pendek besutannya berhasil menembus festival film lokal hingga mancanegara. Salah satunya 'Baskara Ke Wukir' yang berhasil masuk nominasi Festival Film Malaysia," kata Kuncoro.
Meninggalnya Ifa memberikan kesan kehilangan cukup mendalam. "Ifa merupakan potret anak muda Tegal yang kreatif, kaya ide dan gigih dalam berkarya," pungkasnya. (*)