kumparan
21 Sep 2019 14:24 WIB

Kolaborasi 7 Daerah di Pantura Tampilkan Kesenian Tradisional

7 kabupaten/kota se-Eks Karisidenan Pekalongan menampilkan seni budaya tradisonal di Alun-alun Brebes, Jumat malam, 20 September 2019. (Foto: Yunar Rahmawan)
BREBES - 7 kabupaten/kota se-Eks Karisidenan Pekalongan menampilkan seni budaya tradisonal di Alun-alun Brebes, Jumat malam, 20 September 2019. Acara ini bertajuk Sapta Mitra Pantura (Sampan).
ADVERTISEMENT
Ribuan warga memadati alun-alun Brebes hingga larut malam. Mereka menonton semua pertunjukan seni dari Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.
Event tersebut mengambil tema Amazing Culture Of West Pantura Collaboration In Harmony. Acara dibuka secara langsung oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti, dengan pemukulan gong bersama kepala daerah maupun yang mewakili.
"Event yang diadakan malam ini, merupakan suatu kehormatan dan menjadi kebanggaan kita semuanya," ucap Idza Priyanti usai membuka acara.
7 kabupaten/kota se-Eks Karisidenan Pekalongan menampilkan seni budaya tradisonal di Alun-alun Brebes, Jumat malam, 20 September 2019. (Foto: Yunar Rahmawan)
Event Sampan, kata Idza, merupakan sebuah wadah untuk mempromosikan kearifan lokal masing-masing kabupaten/kota se Eks Karesidenan Pekalongan.
"Sampan ini sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi seni budaya tradisional khas sekaligus produk daerah masing-masing," jelas Idza.
ADVERTISEMENT
Terdapat 7 gelaran seni budaya yang ditampilkan. Selain itu, terdapat juga pameran produk unggulan. "Selain dapat memajukan seni budaya daerah, event ini juga bisa bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Brebes," tutur Idza.
Bupati berharap dengan gelaran tersebut, maka akan bisa menumbuhkan semangat untuk membangun Brebes sekaligus mempererat kerjasama antar wilayah se-Eks Karisidenan Pekalongan. (*)
Reporter: Yunar Rahmawan
Editor: Irsyam Faiz
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan