Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Listrik Padam Merata di Brebes – Tegal, Warga Merasa Terganggu

Ilustrasi sistem listrik. foto: Antara Foto/Umarul Faruq
TEGAL - Warga di wilayah Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal sempat dicemaskan dengan pemadaman listrik pada Minggu (4/8/19) siang. Pemadaman yang terjadi selama berjam-jam tersebut, membuat aktivitas warga terganggu.
ADVERTISEMENT
Pemadaman listrik sendiri terjadi di tiga wilayah tersebut berbeda-beda waktunya. Terganggunya aliran listrik terjadi mulai rentang waktu 11.30 hingga 15.30 WIB.
Di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal matinya listrik sempat terjadi hingga merata. Mulai dari wilayah Kecamatan Bumijawa yang merupakan pegunungan hingga Kota seperti di Slerok dan Sumurpanggang.
Dampak yang dialami warga di antaranya pemilik usaha laundry atau cuci pakaian asal Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal Nurul Huda. Dengan matinya listrik, pesanan cucian menjadi molor.
"Terpaksa mengurusi pesanan jadi waktunya lama. Padahal banyak pesanan yang harus dikirim segera," katanya.
Alhasil jadwal untuk memenuhi pesanan juga terpaksa berubah. Ia pun sempat pasrah karena kejadian tersebut.
"Rugi waktu dan pikiran karena harus merubah jadwal pelanggan mana yang harus dipenuhi," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Senada dengan Nurul, dampak pemadaman listrik juga dialami oleh warga asal Adiwerna, Kabupaten Tegal. Ia mengaku kecewa lantaran pelayanan pengobatan terganggu. Ia yang hendak berobat tapi batal dilakukan.
"Mau berobat tapi batal. Listrik padam, sehingga tidak bisa mendaftar," katanya.
Padamnya listrik sempat terjadi secara merata pada Brebes-Tegal. Hal tersebut terjadi antara pukul 11.30-14.30 WIB. Bersyukur, padamnya listrik terjadi pada siang dan hari libur.
Sementara wilayah Brebes-Tegal saat ini sudah menyala. Di daerah Brebes menyala sekitar pukul 15.02 WIB. Selang 45 menit, atau pukul 15.46 WIB seluruh Kota Tegal listrik telah menyala.
Ketika dikonfirmasi Supervisor Teknik PLN ULP Tegal Kota Saefudin menjelaskan, padamnya listrik terjadi lantaran ada gangguan transmisi di Ungaran dan Pemalang 500 kV. Mengakibatkan transmisi dari timur ke barat mengalami kegagalan.
ADVERTISEMENT
"Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Tengah mengalami gangguan," katanya.
Untuk itu, penanganan di wilayah Tegal Kota sempat memprioritaskan di tempat penting. Seperti di pelayanan masyarakat, rumah sakit dan balai kota atau alun-alun. PLN pun mengupayakan dengan melakukan penyalaan bertahap.
Misalnya juga penambahan penormalan listrik di Kota Tegal untuk daerah Pagongan, Karanganyar, Langon, Poso dan sekitarnya. Kemudian di daerah Debong, Jalan Kapten Sudibyo, Dr. Soetomo, Jendeal sudirman dan sekitarnya.
"Kami meminta maaf kepada masyarakat untuk pemadaman (listrik) yang terjadi. Gunakan listrik dengan hemat," ucap dia. (*)
Reporter : Reza Abineri
Editor : Muhammad Abduh
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86