kumparan
11 Mei 2018 20:15 WIB

Melihat Proses Pembaretan 15 Brigadir Polri di Pekalongan

PEKALONGAN - Sebanyak 15 anggota bintara remaja Brigadir Polri yang terdiri dari 14 polisi laki -laki, angkatan 42 dan seorang Polwan mengikuti pembaretan. Sebelum mendapatkan baret, mereka harus mengikuti long march sekitar 10 kilometer lebih.
ADVERTISEMENT
Kegiatan lintas medan itu, mengelilingi wilayah Kabupaten Pekalongan, Kamis 10 Mei 2018 malam. Sedangkan rute long march atau jalan jauh ini, dimulai dari Polsek Kajen melewati rute 2 memutari Kecamatan yaitu Kecamatan Kajen dan Kecamatan Karanganyar.
Menurut Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, kegiatan tersebut diawali melakukan longmarch menuju beberapa Pos yang telah ditentukan. "Kegiatan long march ini dilakukan untuk pelatihan dan pengujian terhadap pelaksanaan kegiatan mulai dari ketahanan diri fisik, dan beberapa permainan kerjasama tim," ucap Wawan Kurniawan.
Selain itu, juga rute yang dilewati cukup menantang. Pelatihan ini juga untuk menguji kekompakan dan kerjasama tim, jaga kondisi fisik. "Rute menantang itu sudah ditempatkan beberapa Pos sebagai aplikasi dalam pelaksanaan tugas dilapangan nanti ika sudah resmi dinas," kata dia.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Wakapolres Pekalongan Kompol Joko Watoro mengatakan, jika pembaretan bintara baru adalah tradisi turun temurun. Bahkan, dirinya pun ikut serta mendampingi jalan kaki bersama – sama Bintara baru.
“Setiap penerimaan brigadir baru digelar Tradisi Pembaretan untuk menumbuhkan kesadaran nilai moral awal sebagai Brigadir Polri yang baru untuk dapat menghadapi tantangan tugas yang akan datang," ucap Joko Watoro.
Setelah pembaretan, lanjut dia, agar mereka bertugas dengan penuh semangat menjaga keamanan dalam negeri. "Karena tugas pokok mengamankan Negara, juga sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat," jelasnya.
Rangkaian kegiatan pembinaan tradisi diakhiri dengan Upacara penyiraman air kembang dan penyematan baret secara simbolis oleh Kapolres Pekalongan, pada jumat pagi ini (11/05/18) di halaman Mapolres Pekalongan.
ADVERTISEMENT
Reporter: Fajar Eko Nugroho
Foto-foto: Humas Polres Pekalongan
Editor: Muhammad Irsyam Faiz
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan