Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Perbaikan Jalur Pantura Barat Jateng Dikebut, Target Selesai H-10

BREBES - Kondisi jalan nasional pantai utara (Pantura) barat, Jawa Tengah, termasuk ruas jalan Kabupaten Brebes, Kota Tegal hingga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah hingga perbatasan Kabupaten Pemalang dipastikan dan diupayakan bebas lubang.

Percepatan perbaikan infrastruktur jalan telah dilakukan agar bisa digunakan arus mudik dan balik, sehingga layak dan aman bagi pemudik. Pasalnya, jalur tersebut bakal banyak dilewati oleh para pemudik dari arah barat (Jakarta) ke timur Semarang - Surabaya ataupun arah sebaliknya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan nasional Brebes-Tegal, Bina Marga Wilayah 1 Jawa Tengah, Yudi Harto Suseno mengatakan, perbaikan pertama yang dilakukan berupa penutupan lubang jalan. Ia merinci, dari perbaikan tersebut kondisi jalan yang berlubang yang menjadi prioritas utama di lima titik.

"Titik pertama dari ujung barat pantura Losari Brebes - Bulakamba, Brenes Kota, Perbatasan Brebes - Kota Tegal, Martoloyo hingga ke perbatasan Suradadi - Pemalang," ucap Yudi Harto Suseno, Rabu 15 Mei 2019.

Ia menyatakan, perbaikan jalan pantura akan terus dikebut siang hingga malam agar target H-10 lebaran sudah selesai. "Target H-10 lebaran rampung dan seluruh kegiatan perbaikan jalan di lapangan kita hentikan. Tapi saya pastikan kondisi jalan aman dilalui pemudik lebaran 2019 nanti," katanya.

Yudi mengakui, kondisi jalan usai penutupan lubang memang tak semulus bila dibanding pelapisan aspal baru. Meski demikian, sudah layak untuk arus mudik maupun balik.

"Untuk perbaikan jalan yang bersifat mayor, seperti pembetonan jalan nanti baru akan dilakukan setelah lebaran atau arus balik," ungkapnya.

Selain itu, kata Yudi, pihaknya telah menerjunkan delapan tim untuk memastikan kelayakan dan keamanan arus mudik, telah dipersiapkan fasilitas pendukung jalan. Di antaranya marka jalan dan patok pembatas jalan yang diperbarui. Pengerjaan marka dipastikan juga tak memakan waktu lama.

Rambu-rambu jalan juga sudah mulai diperbarui. Termasuk juga rambu peringatan juga telah dipasang di sejumlah titik rawan kecelakaan. (*)

Reporter : Fajar Eko Nugroho

Editor : Muhammad Abduh

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23