kumparan
19 Jul 2019 15:10 WIB

Polisi Brebes Ngaji Bersama Santri, Ingatkan Bahaya Radikalisme

Polres Brebes Jawa Tengah menggelar kegiatan mengaji bersama santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah 1 Benda Kecamatan Sirampog, Jumat (19/7/19) pagi.
BREBES - Bahaya radikalisme perlu diantisipasi dan diwaspadai. Untuk itu Polres Brebes Jawa Tengah menggelar kegiatan mengaji bersama santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah 1 Benda Kecamatan Sirampog, Jumat (19/7/19) pagi.
ADVERTISEMENT
Mengaji bareng dilaksanakan setelah Salat Subuh berjamaah dengan pemateri Kasat Binmas Polres Brebes AKP Pranata. Ia menyampaikan radikalisme adalah paham yang berbahaya bagi bangsa. Sebab, kata dia, radikalisme perlahan akan memecah kesatuan dan Kebhinekaan bangsa.
"Paham radikalisme akan membahayakan NKRI. Itu tentu akan mengancam kehidupan berbangsa yang berideologikan Pancasila," katanya.
Ia mencontohkan radikalisme yang berbahaya semisal ISIS dan lainnya. Namun radikalisme tidak identik dengan salah satu agama atau golongan tertentu.
Pranata menambahkan, bahwa agama Islam ajarannya sangat ramah dan santun. Karenanya, santri juga harus dapat menunjukkan bahwa Islam itu agama yang penuh kasih sayang.
"Sebagai generasi muda, santri juga berperan penting untuk menangkal radikalisme. Karena Islam sendiri dikenal dengan ajaran rahmatan lil alamin," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Selain memberikan materi radikalisme, ia juga mengingatkan untuk jangan menyebarkan hoaks atau berita bohong.
"Saring sebelum sharing (menyebarkan) informasi. Mari tangkal hoaks bersama-sama," imbaunya.
Usai ngaji bersama dilanjutkan dengan olahraga senam bersama, ikut serta pula menyemangati para santri, pengasuh Ponpes Al Hikmah 1, KH Labib Sodiq Sukhaemi, dan para pengajar serta jajaran pengurus. Setelah diselingi istirahat dan sarapan pagi bersama, kegiatan dilanjutkan ramah ramah dengan melakukan olahraga.
Kegiatan ini nampak seru ketika Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono bermain tenis meja berhadapan dengan KH Labib Sodiq. Keduanya saling unjuk kebolehan dan tak jarang pula saling melontarkan pukulan keras.
Sementara para anggota polisi lainnya juga bermain bola voli dan dengan melawan para santri sehingga suasana makin akrab. Acara berakhir menjelang dilaksanakan sholat Jumat bersama.
ADVERTISEMENT
Reporter: Reza Abineri
Editor: Irsyam Faiz
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·