kumparan
13 Mar 2019 17:22 WIB

Polisi dan Jaksa Ingatkan Ratusan Kades Hati-Hati Gunakan Dana Desa

BREBES - Sebanyak 292 kepala desa beserta perangkat dan 17 Camat di Kabupaten Brebes diminta untuk memperhatikan prioritas penggunaan dana desa dan memberikan fasilitas pengembangan kegiatan dana desa tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui, jumlah dana desa di Brebes pada 2019 ini mencapai Rp 440 miliar. Jumlah itu meningkat Rp 97 miliar dari dana desa 2018 yang mencapai Rp 343 miliar.
"Kita tekankan kepada seluruh kepala desa dan camat agar mengoptimalkan penyerapan dana desa tahun 2019 ini. Termasuk memfasilitasi pengembangan kegiatan dana desa di wilayah masing-masing," ucap Penjabat Sekda Brebes Joko Gunawan, usai kegiatan sosialisasi Fasilitasi pengembangan kegiatan dana desa tahun 2019, Rabu 13 Maret 2019.
Kegiatan itu, juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Transiswara Adhi, Kasi Intelijen Kejari Brebes Hardiansyah dan Kanit Tipidkor Polres Brebes Ipda Iwan Sujarwadi.
Kepada semua kepala desa dan camat, Joko meminta agar kegiatan dana desa juga memperhatikan Peraturan Menteri nomor 16 Tahun 2018 yang mencakup  tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa."Di dalam aturan itu, untuk mengoptimalkan penyerapan dan meminimalisir adanya penyelewengan Dana Desa," kata dia.
ADVERTISEMENT
Ia mengungkapkan, beberapa prioritas yang tercakup aturan Permen No 16 itu, Prioritas tersebut diharapkan agar desa memiliki arah dan pandangan mengenai pemanfaatan Dana Desa tersebut. "Jadi prioritas penggunaan dana desa tidak hanya pada program pembangunan fisik saja melainkan juga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat desa," ungkapnya.
Ia mencontohkan, kegiatan dana desa peningkatan kualitas SDM seperti peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat desa. Kemudian bagaimana upaya tersebut bisa dijalankan seperti pengadaan pembanguan, hingga pengembangan serta pemeliharaan harta sarana dan prasarana untuk pemenuh kebutuhan seperti transportasi, energi dan beberapa manfaat kebutuhan lainnya.
Selanjutnya, bidang pembangunan desa, di antaranya pada bidang kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan, transportasi dan ekonomi. "Untuk prioritas yang utama seperti peningkatan SDM yakni program kegiatan padat karya juga termasuk dalam penanganan masalah kemiskinan dan juga pengangguran di desa dengan menciptakan lapangan kerja baru.
ADVERTISEMENT
"Kenapa prioritas SDM dilakukan, karena pengelolaan keuangan di level desa yang menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa alias Siskeudes. Sehingga mengharuskan para perangkat desa menguasai piranti teknologi informasi," beber dia.
Masih Ditemukan Kasus Penyimpangan Dana Desa
Sementara itu, Kajari Brebes Transiswara Adhi melalui Kasiintelijen Hardiansyah, mengatakan, pengawasan yang semakin gencar harus dibarengi dengan sinergitas tugas dan fungsi antarlembaga terkait termasuk pengelolaan dana desa. Sehingga peningkatan produktivitas warga desa menjadi perhatian utama.
"Karena desa menjadi lokomotif pembangunan nasional dan dana desa didesain untuk mengelola segala potensi dan sumber daya yang ada di desa,” ucap Hardiansyah.
Ia menyatakan, alokasi dana desa yang sangat besar harus berbanding lurus dengan pembangunan di desa. Untuk itu,
ADVERTISEMENT
pihaknya juga memberikan pemahaman pada para kepala desa mengenai fungsi Tim Pengamanan dan Pengawalan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam pengelolaan Dana Desa.
"Melalui sosialisasi kita sampaikan bahwa Kejaksaan Brebes siap setiap saat untuk menerima konsultasi apa pun yang menjadi permasalahan para pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa," ungkapnya.
Disisi lain, beberapa kasus masih ada bentuk penyimpangan seperti peruntukan yang tidak sesuai. Pemerasan saat pencairan dan rendahnya manajerial perangkat desa. Hal tersebut menghambat serapan dana desa sehingga dananya mengendap di kas daerah. "Jadi inilah yang akan diperbaiki,” katanya.
Kanit Tipidkor Polres Brebes Ipda Iwan Sujarwadi menjelaskan, pihaknya sepanjang tahun 2018 telah menangani empat kasus tindak pidana korupsi terkait penyimpangan ataupun penyalahgunaan dana desa. "Ya empat kasus itu sudah kita naikan ke tahap penyidikan," ucap Iwan Sujarwadi. (*)
ADVERTISEMENT
Reporter : Fajar Eko Nugroho
Editor : Muhammad Abduh
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan