kumparan
News24 Mei 2020 0:24

Seorang Pendeta Sembuh, Pasien COVID-19 di Kabupaten Tegal Tinggal 1 Orang

Konten Redaksi Pantura Post
IMG-20200523-WA0031.jpg
Seorang pendeta berinisial T (41) yang menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Harapan Sehat, Slawi, Kabupaten Tegal dinyatakan sembuh dari Virus Corona, Sabtu (23/5). (Foto: Dok Humas Pemkab Tegal)
TEGAL - Seorang pendeta berinisial T (41) yang menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Harapan Sehat, Slawi, Kabupaten Tegal dinyatakan sembuh dari Virus Corona, Sabtu (23/5). Pasien asal Kelurahan Kagok, Kecamatan Slawi ini pun sudah diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Direktur RS Harapan Sehat Slawi, Mohammad Dipa Daulatala mengatakan kesembuhan pasien ini membuktikan COVID-19 bisa dikalahkan dengan kemauan kuat pasien. Selain itu, terapi pengobatan farmakologis dan pendekatan supportif pasien juga sangat penting bagi kesembuhan pasien.
"Kita berusaha semaksimal mungkin menangani pasien COVID-19. Tapi tidak kalah penting adalah keyakinan diri pasien untuk sembuh," katanya.
Menjadi pasien COVID-19, lanjut Dipa, sangat tidak enak. Apalagi stigma sosial, beban psikis meningkat karena pasien harus masuk ruang isolasi dan tidak boleh keluar, meski kondisi fisik baik. Bahkan pasien tidak boleh dijenguk dan ditunggui selama pengobatan.
"Saya minta masyarakat mendukung upaya penanganan medis pasien COVID-19 yang kondisinya sudah baik ini dengan menerapkan protokol kesehatan," pintanya.
ADVERTISEMENT
Saat ditemui di lobi rumah sakit, sang pendeta berinisial T menyampaikan terima kasih kepada dokter dan perawat yang telah memberikan semangat selama menjalani perawatan.
"Selain dari Tuhan saya kira tidak ada hal lain yang bisa menolong diri kita selain semangat dari dalam untuk sembuh," katanya.
Dengan kesembuhan pasien ini, maka jumlah pasien COVID-19 yang sudah sembuh menjadi 12 orang. Pasien ini tertular Virus Corona karena memiliki riwayat kontak fisik dengan pasien COVID-19 asal kelurahan Mejasem Barat, Kecamatan Kramat yang meninggal pada 21 April lalu.
Saat ini, di Kabupaten Tegal masih menyisakan 1 pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan, yakni di RS Harapan Sehat Slawi. Pasien tersebut adalah perempuan (28) yang juga merupakan kerabat dari pendeta yang baru dinyatakan sembuh. (Syaifullah)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan