Startup Karya Anak Muda Brebes Ini Siap Bersaing dengan Google Drive

Konten Media Partner
15 Mei 2022 21:01
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Startup Karya Anak Muda Brebes Ini Siap Bersaing dengan Google Drive (347819)
zoom-in-whitePerbesar
Chief Technology Officer (CTO) StasiunFile, M. Andri Fahrizal
ADVERTISEMENT
BREBES - StasiunFile membuat dobrakan dengan mengembangkan sistem login teraman yang ada saat ini. Dengan sistem tersebut, startup karya anak muda Brebes ini siap bersaing dengan perusahaan cloud storage, seperti Google Drive dan Dropbox.
ADVERTISEMENT
StasiunFile merupakan karya anak muda di Kabupaten Brebes yang dilaunching awal Maret 2021, saat menyebarnya virus Corona. Startup tersebut bergerak di bidang layanan cloud storage.
Chief Technology Officer (CTO) StasiunFile, M. Andri Fahrizal mengatakan, StasiunFile memiliki keamanan login yang belum ada tandingannya saat ini.
"Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyimpanan data privasi dan keamanan menjadi prioritas kami dalam melayani para pengguna. StasiunFile sendiri menggunakan tenologi web 3.0," kata M. Andri, Minggu (15/5/2022).
Startup Karya Anak Muda Brebes Ini Siap Bersaing dengan Google Drive (347820)
zoom-in-whitePerbesar
Ia menambahkan, StasiunFile memiliki 3 cara untuk login dari mulai memasukan magic kode, farsa rahasia ataupun dengan menggunakan NFC (Stasiun File Card).
"Kami memiliki opsi login tanpa mendaftarkan email. Tujuannya untuk keamanan dan privasi pengguna. Kami bahkan tidak menyimpan pasword dari para pengguna. Kami hanya menyimpan user id saja untuk validasi kepemilikan akun," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Ada 4 cara yang ditawarkan ke pengguna untuk mempermudah proses login yang aman. Di antaranya, login dengan pasword, login dengan Wallet (WEB3), login dengan 12 Farsa Rahasia dan Login dengan NFC.
"4 cara ini merupakan kemudahan yang StasiunFile tawarkan untuk pengguna. Jika user lupa password, mereka dapat memulihkan akunnya dengan farsa rahasia. Farsa rahasia sendiri terdiri dari 12 kata acak yang kemudian oleh pengguna disusun. Setiap pengguna memiliki farsa rahasia yang berbeda-beda," beber dia.
“Selain itu, StasiunFile juga sudah menggunakan teknologi enkripsi end to end,” tambahnya.
Dengan menggunakan sistem login teraman saat ini, lanjut dia, StasiunFile juga hadir dengan fitur-fitur unggulan.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Menurut CEO StasiunFile, Musfik Amrullah, StasiunFile menjadi aplikasi pertama yang memiliki fitur-fitur unggulan termasuk one time file yang juga dimiliki oleh WhatsApp.
ADVERTISEMENT
"StasiunFile hadir bukan hanya sekedar untuk mengamankan file para pengguna, kemudahan untuk mengakses dan berbagi file pun menjadi fokus kami dalam memanjakan para pengguna. Hal ini dibuktikan dengan fitur-fitur unggulan yang kami miliki, dari mulai one time file, infinity file, easy url hingga fitur terbaru smart memory card (Sfile card)," kata Musfik Amrullah.
Fitur semacam one time file sendiri sudah ada pada 1 Februari 2021 jauh sebelum WhatsApp meluncurkan fitur tersebut. Dengan fitur one time file tentunya pengguna bisa berbagi file rahasia dengan aman, dimana file itu akan langsung terhapus jika sang penerima sudah mendownloadnya.
Fitur infinity file juga hadir untuk memanjakan pengguna. Mereka bebas mengatur batasan downloadan dan batasan waktu kadaluarsa file tersebut. Jika file sudah melebihi batasan yang diatur maka secara otomatis file akan terhapus.
ADVERTISEMENT
Sedangan untuk easy url sendiri, merupakan fitur untuk berbagi file tanpa harus login dulu. Penerima hanya perlu memasukan pasword yang diatur oleh pengirim saat hendak mengirimkan file-file tersebut dengan fitur yang dipilih pengirim.
"Smart memory card (Sfile card) dapat di gunaka untuk login, berbagi file atau untuk mengakses e-wallet," ungkapnya.
Selain sebagai tempat menyimpan dan berbagi file, lanjut dia, StasiunFile juga dapat digunakan sebagai e-wallet. Pengguna dapat memanfaatkan Sfile Card untuk menyimpan berbagai aset seperti crypto maupun NFT tanpa takut hilang dikarenakan pengguna memiliki bentuk fisik dari e-wallet tersebut.
"Saat ini StasiunFile juga memiliki fungsi baru sebagai e-wallet. Fitur ini akan memudahkan dan mengamankan pengguna dalam menyimpan aset-aset crypto dan jug NFT. Selain hanya dapat diakses menggunakan farsa rahasia dan Sfile card, e-wallet ini juga menawarkan desentralisasi sharing alamat e-wallet untuk kemudahan berbagi file atau transaksi. Jadi pengguna tidak perlu khawatir lagi karena alamat e-wallet tersebut tidak akan tersimpan di server kami," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Pada intinya, lanjut dia, semua akun baik e-wallet maupun akun apapun bisa hilang dengan tiba-tiba baik dari sisi internal seperti lupa pasword ataupun lainnya dan sisi external.
"Dengan adanya sfile card, akun anda akan semakin aman. Ditambah lagi dengan tekonologi Web 3.0 sendiri yang mengandalkan jaringan desentraslisai sehingga kebocoran data pun akan semakin terminimalisir," pungkasnya. (*)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020