Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Tak Hanya Pemudik, Petugas Pam Lebaran Juga Cek Kesehatan

BREBES - Selama arus mudik dan balik lebaran 2019, petugas gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP melakukan tugas pengamanan demi lancarnya perjalanan para pemudik. Mereka bertugas 24 jam penuh di pos pelayanan lebaran.

Untuk menjamin kondisi kesehatan petugas, selain melayani pemudik, posko kesehatan yang didirikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes juga secara rutin memeriksa para petugas tersebut.

Salah satunya yang dilakukan posko kesehatan di Alun-alun Brebes. Di sini, tenaga kesehatan secara berkala mengecek petugas yang berjaga di Pos Pelayanan Lebaran 2019 yang didirikan oleh Polres Brebes.

Dini (34) salah satu tenaga kesehatan yang tengah berjaga mengatakan, setiap harinya banyak pemudik yang mampir untuk sekedar beristirahat dan cek kesehatan. Tak hanya itu, petugas pam lebaran juga cek kesehatan.

"Kita cek tensinya. Kalau ada keluhan sakit, kita beri obat. Tapi kebanyakan minta vitamin saja," jelas Dini, Selasa (11/6).

Selama berjaga di posko kesehatan Alun-alun Brebes, petugas tak menemukan adanya pemudik yang sakit parah hingga dirujuk ke rumah sakit. Begitu juga dengan pemudik yang kecelakaan. "Paling batuk pilek dan kelelahan saja," lanjut Dini.

Salah satu petugas pam lebaran dari Polres Brebes, Aiptu Suprapto mengaku, adanya pos kesehatan sangat membantu petugas dan para pemudik. "Posko kesehatan berada di belakang pos pengamanan. Jadi setiap saat bisa cek kesehatan. Tadi sudah tensi. Alhamdulillah normal," kata Suprapto.

Tak hanya petugas pam lebaran, pemudik yang saat itu melakukan perjalanan arus balik dari Pekalongan ke Cikarang, Dendy (20) mengaku menyempatkan diri untuk beristirahat karena kelelahan. Dia bersama satu temannya istirahat di posko sekaligus tensi darahnya.

"Alhamdulillah tidak ada gangguan kesehatan. Tensi juga normal," kata Dendy.

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini mendirikan 25 posko kesehatan yang tersebar di beberapa titik. Di antaranya, 15 di jalur mudik dan 10 lainnya berada di tempat wisata. (*)

Reporter : Yunar Rahmawan

Editor : Muhammad Abduh

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36