News
·
27 Mei 2020 19:42

Terapkan New Normal, Wisata Pantai di Kota Tegal Akan Dibuka Agustus 2020

Konten ini diproduksi oleh PanturaPost
Terapkan New Normal, Wisata Pantai di Kota Tegal Akan Dibuka Agustus 2020 (21266)
Wakil Wali Kota Tegal M. Jumadi berdiskusi dengan pedagang PAI dalam tinjauan lapangannya, Rabu (27/5/2020). (Foto: Setyadi)
TEGAL - Objek wisata andalan Kota Tegal, Pantai Alam Indah (PAI) akan dibuka pada Agustus 2020 mendatang. Sebelum beroperasi, baik pengelola dan pedagang saat ini disiapkan untuk menjalankan aturan untuk kehidupan normal yang baru atau new normal.
ADVERTISEMENT
Wakil Wali Kota Tegal M. Jumadi mengatakan seluruh komponen harus patuh menjalankan protokol kesehatan. "Melihat persiapan ke depan sebelum akan dibuka Agustus. Untuk memastikan masyarakat di sini, termasuk pedagang dan pengelola agar mematuhi protokol kesehatan," kata Jumadi, didampingi Sekda Johardi saat meninjau PAI, Rabu (27/5/2020).
Jumadi mengatakan, nantinya pengelola harus memperketat protokol kesehatan. Dimulai dari cek suhu tubuh pengunjung saat masuk, harus menggunakan masker, dan tersedianya sarana cuci tangan.
Kendaraan pengunjung juga dilarang mendekati sampai garis pantai. Artinya, kata Jumadi, agar pengunjung mudah dikontrol. "Nanti tidak ada lagi motor dan mobil jalan sampai garis pantai namun harus di parkiran," kata Jumadi.
Terapkan New Normal, Wisata Pantai di Kota Tegal Akan Dibuka Agustus 2020 (21267)
Ilustrasi Pantai di Kota Tegal. (Foto: Setyadi)
Dia mengingatkan, meski nanti aktivitas pariwisata kembali dibuka, bukan berarti masyarakat bisa dengan bebas seenaknya mengabaikan protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Kita harus jaga ketat termasuk untuk pariwisata. Harus sadar betul karena pandemi belum berakhir. Sudah zona hijau mempertahankannya lebih sulit. Artinya harus sama-sama kerjasama. Dan membuka ekonomi harus ekstra hati-hati," kata Jumadi.
Jumadi juga mengingatkan seluruh pedagang. Hal-hal yang menjadi penting agar bisa diperhatikan seksama. "Kalau pedagang mau kembali buka ya harus ikuti aturan. Kalau tidak ya mau tutup selamanya," tegas Jumadi.
Sebelumnya, Wali Kota Dedy Yon Supriyono mengatakan, objek wisata saat ini belum bisa dibuka mengingat masih melihat situasi perkembangan COVID-19 secara nasional. “Tentu jika sudah membaik kita secepatnya akan membuka,” terangnya.
Terkait adanya beberapa objek wisata yang beberapa waktu lalu yang dibuka, dirinya mengatakan bahwa hal itu di luar pengelolaan Pemkot Tegal. Namun, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan para pengelola objek wisata tersebut untuk menutup kembali.
ADVERTISEMENT
Dedy kembali mengingatkan bahwa walau statusnya zona hijau, Kota Tegal tetap waspada. Karena itu, Kota Tegal  tetap menerapkan protokol kesehatan di seluruh tempat umum.
****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
(Setyadi)