kumparan
10 Mei 2019 15:23

Viral Percakapan Kiai Maimun dengan Keponakan, Ini Tanggapan Taj Yasin

WhatsApp Image 2019-05-10 at 15.00.59.jpeg
Taj Yasin. (Foto: Reza Abineri)
BREBES - Sebuah video percakapan antara KH Maimun Zubair (Mbah Moen) dengan keponakannya M Ishaq Maskuri (Gus Ishaq) viral di media sosial. Video yang berdurasi sekitar 1 menit 53 detik itu berisi Mbah Moen, diminta untuk mengeluarkan fatwa akan dugaan kecurangan dalam pemilu 2019.
ADVERTISEMENT
Anak Mbah Moen, Taj Yasin turut berkomentar terkait video tersebut. Ia menekankan bahwa hal tersebut merupakan percakapan yang wajar. "Itu wajar lah. Ngga usah diperbesar. Seorang ulama biasa digituin," katanya usai mengunjungi Ponpes Al Hikmah 1 Benda, Kabupaten Brebes Kamis (9/5/19) malam.
Wagub Jateng itu pun meminta agar masyarakat tidak perlu membesar-besarkan hal tersebut. Ia pun memberi contoh rintangan dakwah yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
"Ketika Nabi mau Haji dan beliau memutuskan untuk pulang. Mengakibatkan (sebagian) para sahabat protes," jelasnya
Yasin pun menekankan Mbah Moen tidak lantas marah. Mbah Moen bahkan mendoakan agar seluruh umat islam bersabar. "Peristiwa kemarin, tidak lantas Mbah Moen marah, namun mengajak untuk sabar dan berbesar hati," tutur Taj Yasin.
ADVERTISEMENT
Video yang berdurasi kurang dua menit itu, berisi percakapan Gus Ishaq dengan lantang meminta nasehat persoalan Pemilu 2019 dari Mbah Moen. Bahkan dirinya siap untuk bermubahalah atau sumpah di bawah Alquran.
Reporter: Reza Abineri
Editor: Irsyam Faiz
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan