kumparan
search-gray
News15 November 2019 15:18

Warga Brebes Temukan Granat Nanas Berusia Puluhan Tahun

Konten Redaksi Pantura Post
Warga Brebes Temukan Granat Nanas Berusia Puluhan Tahun (1237293)
Granat Nanas ditemukan di dekat Rel Ka di Paguyangan Brebes. (Foto: Istimewa)
BREBES - Warga Brebes menemukan sebuah granat nanas di Blok Makam Karangsari RT 3 RW 3 Desa Paguyangan, Kecamatan Paguyangan, Kamis siang (14/11/19). Granat tersebut diduga merupakan peninggalan saat Perang Dunia II.
ADVERTISEMENT
Penemuan pertama kali diketahui oleh Kuswanto (39) dan Muhaimin (38) saat membersihkan selokan di area yang berada di dekat jalur Rel KA KM 321+7/8 sekitar pukul 11.00 WIB. Ketika sedang menggali, tiba-tiba cangkul membentur benda keras. Setelah dicek, ternyata granat.
"Karena penasaran mengambil dan menyiramkan (air ke) benda itu. Sekitar pukul 15.00 WIB mereka membawanya ke stasiun," kata Humas Daop 5 Purwokerto Supriyanto ketika dimintai konfirmasi, Jumat (15/11/19).
Petugas KAI lantas sekira pukul 15.30 WIB melaporkan ke Polsek Paguyangan. Granat kemudian dibawa dengan menggunakan ember.
Warga Brebes Temukan Granat Nanas Berusia Puluhan Tahun (1237294)
Granat Nanas ditemukan di dekat Rel Ka di Paguyangan Brebes. (Foto: Istimewa)
"Kami mendapat laporan bahwa ada penemuan granat nanas. Kemudian dua personel Bhabinkamtibmas kami mendatangi untuk mengecek kebenarannya," kata Kapolsek Paguyangan, Iptu Suroto.
Untuk memastikan, granat sempat dibersihkan dengan air. Beruntung granat tidak meledak karena diperkirakan telah berumur puluhan tahun.
ADVERTISEMENT
Granat kemudian dibawa dan diamankan di Kantor Polsek Paguyangan. Dengan dibungkus menggunakan handuk basah, granat dimasukan dalam ember, disimpan di belakang kantor Polsek Paguyangan.
"Saat ini temuan masih disimpan untuk kami selidiki. Sambil menunggu intruksi selanjutnya," ungkap Suroto. (*)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white