BTS: Aktor Internasional dan Duta Segalanya

Undergraduate International Relations Student at Andalas University
Konten dari Pengguna
30 Juni 2022 17:54
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Patryonna Amanda Putri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
(BTS: Shutterstock - 1581639373)
zoom-in-whitePerbesar
(BTS: Shutterstock - 1581639373)
ADVERTISEMENT
BTS sebagai boy group asal Korea Selatan terus menjadi perhatian dunia internasional, baik dalam hal prestasinya di industri musik maupun keterlibatannya dalam berbagai acara kenegaraan yang sifatnya internasional. Pada bulan November 2021, Boy Group Korea Selatan ini meraih nominasi dalam American Music Awards 2021 sebagai Artist of The Year, kemudian kolaborasinya bersama Coldplay berhasil meraih penghargaan sebagai Favorite Pop/Duo Group, dan lagu “Butter” yang dirilis BTS pada bulan Mei 2021 berhasil meraih penghargaan sebagai Favorite Pop Song. Baru-baru ini, pada bulan April 2022 BTS berhasil masuk nominasi dalam ajang penghargaan 64th Annual Grammy Awards sebagai Best Pop Duo/Group. Tidak hanya berprestasi di industri hiburan, Boy Group besutan HYBE LABELS ini juga dipilih menjadi ambassador atau duta seperti, Duta UNICEF, Duta resmi Korea Selatan dalam hal budaya, hingga yang duta untuk beberapa luxury brand seperti Louis Vuitton, FILA, SAMSUNG, dll hingga yang terbaru menjadi Duta Busan World Expo 2030.
ADVERTISEMENT
Peranan BTS ini hadir sebagai aktor non negara yang sangat berperan dalam mempopulerkan budaya korea, yang mana budaya yang dimaksud dapat berarti musik, film, bahkan huruf hangul itu sendiri yang menjadi bagian dari bahasa Korea Selatan. Penulis menyoroti mengenai bagaimana BTS dengan karya musiknya yang berbahasa hangul, yang awalnya kalangan muda non Korea Selatan tidak mengetahui huruf hangul, namun ketika mendengarkan lagu BTS mereka mengetahuinya dan menyanyikannya dalam bahasa Korea. Sehingga hal ini secara tidak langsung masyarakat non Korea Selatan mengetahui huruf hangul. Selain mempromosikan huruf hangul melalui musiknya, BTS juga memperkenalkan huruf hangul melalui kontennya yang bertajuk Learn Korean With BTS yang diunggah dalam kanal Youtube HYBE EDU sejak bulan Maret 2020. Peranan ini ternyata senada dengan gencarnya Pemerintah Korea Selatan menggunakan idol Korean Pop (K-Pop) sebagai alat untuk menyebarkan Hallyu Wave seperti yang telah tertuang dalam Diplomatic White Paper Korea Selatan tahun 2006, dan sejak saat itu Hallyu Wave terlibat mempromosikan Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Karena kuatnya posisi BTS, Pemerintah Korea Selatan menganugerahkan BTS dengan penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit di tahun 2018. Hwagwan Order of Cultural Merit merupakan penghargaan tertinggi dibidang Kebudayaan yang diberikan kepada pihak-pihak yang dianggap telah memberikan pelayanan luar biasa di bidang kebudayaan dan seni, karena mereka (BTS) dianggap telah menunjukkan budaya serta melestarikan bahasa Korea melalui karya musik mereka, dan memilih BTS sebagai “Top Promoter of the Korean Language” yang menjadikan BTS sebagai penerima penghargaan termuda sepanjang sejarah. Kemudian, pengakuan kekuatan BTS ini juga ditandai dengan pemberian sertifikat kepada BTS sebagai “Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture.” di Blue House Pada bulan Juli 2021 lalu. Tidak perlu waktu lama untuk mengimplementasikan penghargaan ini, Pada bulan Septembernya BTS bersama Presiden Moon Jae In berkunjung ke Amerika Serikat untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB yang ke-76 digelar pada tanggal 19 September - 23 September 2021 membahas mengenai bagaimana membangun ketahanan melalui harapan untuk dapat pulih dari Covid-19.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya sampai disitu saja, bentuk pengakuan kekuatan BTS ini juga ditandai dengan pemberian paspor diplomatik kepada BTS sebagai aktor non negara yang dinilai berpengaruh dalam diplomasi publik Korea Selatan. Pada bulan September 2021, Pemerintah Korea Selatan secara resmi memberikan BTS Paspor Diplomatik. Paspor diplomatik tentunya tidak dapat diberikan kepada sembarangan orang. Seperti yang dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, paspor diplomatik merupakan dokumen yang keluarkan untuk para diplomat dan pejabat pemerintah lainnya guna untuk menunjang tugas yang berhubungan dengan perjalanan internasional, dan tugas pendampingan. Diini BTS diberikan paspor diplomatik secara langsung oleh Presiden Moon Jae In bukan sebagai diplomat ataupun pejabat pemerintahan namun sebagai orang-orang utusan khusus atau yang ditunjuk presiden, perwakilan pemerintah, dan anggota untuk menjalankan sebuah misi dengan tugas khusus.
ADVERTISEMENT
Kiprah BTS tidak hanya sebatas pengakuannya secara nasional, namun juga melesat jauh di dunia internasional dengan ditunjuknya BTS sebagai Duta UNICEF untuk mengkampanyekan semangat generasi muda. UNICEF menjelaskan jika alasan dipilihnya BTS sebagai Duta UNICEF karena adanya kesamaan dalam hal mengkampanyekan isu Generasi Muda, BTS dengan misinya yang dikenal dengan Love Myself yang berarti BTS ingin menyebarkan, mengkampanyekan, dan mendukung bahwa setiap diri kita memiliki potensi, dan potensi ini ada dengan cara kita mencintai dan menghargai diri kita sendiri. UNICEF sendiri memiliki misi yang bernama Generation Unlimited yang bertujuan untuk memberikan peluang setiap anak muda untuk membuka dan menggali potensi yang dimilikinya. Aktivitas BTS sebagai Duta UNICEF yang terbaru adalah ketika pada bulan September 2021 BTS memberikan pidato singkatnya mengenai padangan BTS dalam menyikapi adanya pandemi Covid-19 sebagai kaum muda, membagikan pesan serta harapan untuk masa depan, dan BTS mempresentasikan kampanyenya yang berjudul Youth: Youth today and Your Stories.
ADVERTISEMENT
Jika dilihat dari teori liberalisme yang mana dikatakan bahwa peran aktor non negara atau non state actor juga mampu berperan penting dalam dinamika hubungan internasional, dan liberalisme juga menekankan bagaimana pentingnya kerjasama baik antar sesama negara maupun kerjasama antara aktor negara dan non negara. Jadi, tidak heran jika BTS kini tidak hanya mewakili diri mereka sendiri, dan negara Korea Selatan saja dalam misi Diplomasi Publiknya melalui Hallyu Wave, Namun sudah banyak aktor lain seperti organisasi internasional dalam hal ini PBB atau United Nations yang menggunakan BTS sebagai Duta UNICEF, dan hal mempertegas posisi dan kekuatan BTS di kancah internasional.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020