kumparan
9 Januari 2019 12:00

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bantu Korban Tsunami di Selat Sunda

Tepat pada 22 Desember 2018 pukul 21.27 WIB, sekitar 2 minggu yang lalu telah terjadi bencana tsunami di wilayah Selat Sunda yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau. Bencana tsunami ini telah meluluhlantakkan wilayah Pandeglang, Pasawaran, Serang, Lampung Selatan, dan Tanggamus. Setidaknya ada 430 korban meninggal dunia, 1.495 korban luka, 159 orang hilang, 21.991 pengungsi, dan 924 unit rumah yang rusak. Akibat bencana ini juga, wilayah pesisir pantai yang disapu oleh gelombang tsunami porak-poranda.
ADVERTISEMENT
Aksi Cepat Tang
gap atau yang biasa disingkat ACT dengan sigap menolong para korban bencana tsunami di Selat Sunda ini. Mereka sudah membantu proses evakuasi orang-orang sekitar yang telah menjadi korban bencana ini sejak 23 Desember 2018. ACT takhanya sendiri, juga dibantu oleh Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) yang berjumlah lebih dari 50 orang.
Selain mengevakuasi korban-korban bencana, Tim ACT dan Tim MRI juga melakukan pendataan korban dan sudah membangun posko-posko bantuan dan dapur umum untuk para korban yang terkena bencana. Posko ACT yang sudah didirikan terdapat di 2 wilayah, yaitu:
1. Provinsi Banten terdapat 1 posko induk di Pandeglang dan 4 posko wilayah di Anyer, Carita, Tanjung Lesung, dan Sumur.
ADVERTISEMENT
2. Provinsi Lampung terdapat 1 posko induk di Wayurang dan 5 posko wilayah di Waypanas, Dermaga Bom, Waymuli, Kunyir, dan Sukaraja.
Besar harapan ACT dengan adanya posko-posko dan dapur umum ini dapat memberikan bantuan dengan segera kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan darurat. Selain itu, juga dapat membantu pelayanan medis kepada para korban yang mengalami luka-luka.
Saat ini kondisi cuaca di sana cenderung dingin dikarenakan hujan yang terus menerus mengguyur wilayah bencana, sehingga memengaruhi kondisi kesehatan para pengungsi. Mereka membutuhkan air mineral, air bersih, bahan pangan/makanan, makanan & susu bayi, obat-obatan, pakaian, alas tidur & selimut, tenda, perlengkapan mandi, peralatan masak, generator set, dan alat kebersihan. Oleh karena itu, mari bantu saudara-saudara kita yang saat ini masih berjuang untuk hidup di pengungsian dengan segala keterbatasannya.
ACT bersama pedulisehat.id mengajak para #InsanPeduli untuk memberikan donasi kepedulian kepada para korban bencana tsunami di Selat Sunda. Salurkan bantuan donasi Anda melalui pedulisehat.id dengan klik di sini.
ADVERTISEMENT
Sumber Data & Foto: ACT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan