Kumplus- Opini Garda Animalia- Taman Nasional Komodo

Mega Wisata Pulau Komodo Merugikan Banyak Pihak, Terutama Komodo Itu Sendiri

Gerakan kolektif dalam melawan praktik perdagangan ilegal satwa liar di Indonesia, dan segala bentuk tindak kejahatan yang menyertainya
6 Oktober 2021 12:52
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Wacana pembangunan proyek mega wisata Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, telah santer terdengar sejak Oktober 2020. Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Senin (29/10/2020) proyek ‘Jurassic Park’ ini adalah bagian dari pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.
Total anggaran yang akan digelontorkan berjumlah Rp902,47 miliar untuk 43 paket proyek yang akan dilaksanakan. Salah satu pembangunan terbesarnya adalah proyek Jurassic Park di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat. Pemerintah membuka peluang bagi investor swasta untuk meneken kontrak dan melakukan pembangunan besar-besaran di pulau ini.
Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, tujuan utama proyek ini adalah mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan dengan mengembangkan potensi yang ada secara berkelanjutan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, juga mengatakan bahwa masyarakat tak perlu mengkhawatirkan pembangunan ini, sebab akan tetap mengutamakan keberlanjutan lingkungan dan konservasi.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanPLUS
Komodo tengah menghadapi ancaman kepunahan yang nyata. Lantas, seberapa besar urgensi pelaksanaan proyek mega wisata Pulau Komodo dibanding menjaga kelestarian habitat mereka? Simak opini Garda Animalia pada daftar konten.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten