Pemahaman Suprastruktur Politik dan Dampaknya bagi Masyarakat

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2024 18:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi suprastruktur politik. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi suprastruktur politik. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Pemahaman terhadap pengertian suprastruktur politik sangat dibutuhkan dalam memahami dinamika pemerintahan suatu negara. Suprastruktur politik merupakan salah satu bagian dari struktur politik.
ADVERTISEMENT
Suprastruktur politik adalah konsep yang merujuk pada elemen-elemen abstrak dalam suatu sistem politik, yang mencakup nilai-nilai, norma-norma, ideologi, dan struktur kekuasaan yang mempengaruhi kebijakan dan tindakan pemerintah.
Agar lebih memahami pengertian suprastruktur politik, simak informasinya dalam ulasan berikut.

Pengertian Suprastruktur Politik

Ilustrasi suprastruktur politik. Foto: Unsplash.
Dikutip dari buku Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/MA Kelas X oleh Tim Ganesha Operator, suprastruktur politik adalah lembaga-lembaga negara yang terdapat dalam konstitusi untuk melaksanakan fungsi eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
Fungsi eksekutif adalah wewenang untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan, sedangkan fungsi legislatif adalah wewenang untuk_menyusun dan membentuk peraturan perundang-undangan.
Adapun fungsi yudikatif adalah wewenang untuk mengawasi jalannya peraturan perundang-undangan. Agar menciptakan pemerintahan yang baik (good governance), ketiga fungsi tersebut harus memiliki kekuatan yang seimbang, saling mengawasi, dan terjalin kerja sama yang baik dalam menyusun berbagai kebijakan.
ADVERTISEMENT
Suprastruktur politik di suatu negara ditentukan oleh faktor-faktor yang sangat kompleks. Di antaranya adalah faktor sejarah, budaya, dan ekonomi memiliki peran yang signifikan dalam membentuk suprastruktur politik suatu negara.
Sejarah suatu bangsa dapat menciptakan pola-pola perilaku politik yang mendalam, sedangkan budaya menjadi fondasi bagi norma-norma yang diterapkan dalam sistem politik.
Sementara itu, faktor ekonomi juga turut memainkan peran kunci dalam menentukan kebijakan pemerintah terkait dengan distribusi kekayaan dan keadilan sosial.

Dampak Suprastruktur Politik terhadap Masyarakat

Ilustrasi suprastruktur politik. Foto: Unsplash.
Suprastruktur politik bukanlah entitas yang berdiri sendiri. Dampak dari suprastruktur politik dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung melalui kebijakan-kebijakan yang diimplementasikan.
Suprastruktur politik membentuk tatanan sosial yang memberikan arah terhadap kehidupan sehari-hari. Suprastruktur politik yang kuat dan inklusif dapat menciptakan stabilitas sosial, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memastikan hak asasi manusia terlindungi.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, suprastruktur politik yang korup dan otoriter dapat menyebabkan ketidaksetaraan, ketegangan sosial, dan pelanggaran hak asasi manusia.
Dalam membangun suprastruktur politik yang kuat, tantangan-tantangan seperti korupsi, ketidaksetaraan, dan ketidakstabilan politik perlu segera diatasi. Salah satu cara mengatasi tantangan tersebut adalah dengan memperbaiki sistem hukum di suatu negara.
Selain itu, partisipasi aktif masyarakat dan transparansi dalam pemerintahan menjadi kunci untuk menciptakan suprastruktur politik yang responsif dan berkelanjutan.
(GLW)