kumparan
search-gray
Entertainment18 Maret 2020 8:32

5 Film Korea yang Under The Radar Selain 'Parasite'

Konten Redaksi Play Stop Rewatch
Untitled Image
Burning (Foto: IMDb)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Setelah film Korea Parasite masuk ke jajaran Box Office 2019 yang memenangkan 180 penghargaan dari 299 nominasi yang diperoleh dari beragam institusi film seluruh dunia, makin banyak orang yang mulai penasaran dengan pasar film Korea yang sebelumnya kalah bersaing dengan pasar film dari US dan China.
ADVERTISEMENT
Bagi masyarakat Indonesia yang tidak asing dengan film korea yang sebelumnya dilanda demam K-Pop hingga merambah ke ”drakor” (drama Korea). Selain drama romantis dengan tematik yang beragam dari era kekaisaran hingga modern seperti sekarang ini, industri film Korea juga banyak menelurkan film dengan ide dan plot yang fresh dan bahkan pernah di adaptasi oleh Hollywood.
Jika kalian memang salah satu fans dari film Parasite yang bertema Dark-Comedy dan berbumbu gory, ada beberapa film Korea yang mungkin kalian lewatkan sebelumnya karena tidak masuk ke dalam radar perfilman kalian.

1. Oldboy (2003)

Video
Film yang disturadarai oleh Park Chan-Wook ini merupakan salah satu film bertema gelap yang diwarnai dengan misteri yang dibalut sensasi thriller yang menuai penghargaan dari Cannes Film Festival tahun 2004 lalu.
ADVERTISEMENT
Park Chan-Wook menarik filosofi dari kisah Yunani yakni tragedi dari Oedipus The King. Film ini berporos pada kehidupan dari karakter utama di film ini, Oh Dae-Su. Dae-Su seorang ayah yang pemabuk suatu saat diculik dan dipenjara di sebuah kamar yang menyerupai sebuah hotel selama lima belas tahun dan akhirnya dilepas begitu saja dengan semua perubahan yang dia lewatkan selama lima belas tahun tersebut.
Balas dendam dan pemaparan perubahan karakter yang dialami manusia menjadi poros utama dari film ini. Kritikus Film Roger Ebert berpendapat bahwa Oldboy adalah film yang sangat powerful karena sudut pandang film ini yang mengupas hasrat terdalam hati manusia. Selain plot yang menarik OldBoy disajikan dengan gaya aestetik khas Park Chan-Woo yang penuh filosofi dan penyejuk mata.
ADVERTISEMENT

2. Sympathy for Lady Vengeance (2005)

Video
Dari sutradara yang sama, Park Chan-Woo dengan tematik yang sama hitamnya, Lady Vengeance memberikan sudut pandang baru dalam film ber-plot balas dendam dengan nuansa woman empowerment dan emancipation yang realistis yang sekarang ini banyak diwarnai dengan gaya one-woman army.
Lee Geum-Ja yang menjadi Lady Vengeance adalah seorang tahanan wanita yang didakwa dan dituduh telah menculik dan membunuh Won-Mo, seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dan harus menebus masa kurungan 13 tahun. Plot utama film ini seputar kisah Geum-Ja dan rencana balas dendamnya setelah ia keluar dari penjara terhadap orang-orang yang telah menyalahinya.

3. Confession of Murder (2012)

Video
Bagi kalian pecinta film bergenre crime thriller ini merupakan salah satu film yang mungkin kalian tidak mau lewatkan. Berkisah tentang pembunuh berantai yang hilang dan muncul kembali sebagai seorang novelist yang mengungkapkan pembunuhannya lewat sebuah buku yang dia terbitkan.
ADVERTISEMENT
Yang menjadi twist dalam film ini adalah adanya kebijakan penghapusan kasus yang tak terpecahkan dalam jangka 15 tahun dari pemerintahan Korea. Polemik antar karakter yang berbenturan antara seorang polisi yang berambisi untuk menangkap pembunuh yang kasusnya telah dianggap hilang oleh pemerintah dan seorang yang mengaku sebagai pembunuh tersebut setelah kebijakan penghapusan 15 tahun oleh pemerintah Korea Selatan. Jika sebelumnya kalian menyukai Se7en karya David Fincher, mungkin film ini bisa jadi salah satu menu tontonan kalian.

4. Snowpiercer (2013)

Video
Mungkin beberapa dari kalian tidak asing dengan judul film ini yang dibintangi oleh Captain America, Chris Evans. Merupakan salah satu film dari Bong Joon-Ho yang menyutradarai film Parasite.
Ini merupakan film Bong Joon-Ho yang star studded dengan bintang-bintang Hollywood. Ini merupakan film debut tematik Inggris pertama dari Joon-Ho. Pengambilan gambar estetik khas Joon-Ho juga bisa kalian nikmati di film ini. Bernuansa Sci-Fi yang berlatar di masa depan ketika dunia mengalami kiamat karena global warming yang akhirnya menciptakan zaman es baru.
ADVERTISEMENT
Snowpiercer berkisah tentang kehidupan didalam sebuah kereta Snowpiercer yang terus harus berjalan mengelilingi bumi untuk bertahan hidup berisi sisa-sisa manusia yang berhasil bertahan yang dalam gerbong-gerbongnya mengisahkan stratifikasi masyarakat yang terjadi di kehidupan kita namun sering tidak disadari. Turut dibumbui dengan tema gory khas Bong Joon-Ho di filmnya dan aksi Chris Evans dalam film ini dengan palu namun bukan palu Thor bisa kalian nikmati di film ini.

5. Burning (2018)

Video
Film karya Lee Chang-Dong yang diramaikan oleh Steven Yeun yang kita kenal sebagai Glenn Rhee dari serial ternama AMC The Walking Dead adalah sebuah film psychological thriller yang dirilis baru ini.
Berkisah tentang cinta segitiga yang berakhir tragis. Burning menawarkan tajuk anti-thriller yang lambat namun patut untuk ditunggu. Plot misteri yang interaktif yang mengajak audiens bertanya tentang apa yang sebenarnya terjadi. Burning menitikkan perubahan psikologis yang terjadi di seputar karakter film tersebut dan polemik yang berbenturan antara sudut pandang masing-masing karakter yang memiliki latar belakang yang berbeda. Perlu dicatat Burning menampilkan unsur dewasa dalam filmnya.
ADVERTISEMENT
***
Bagi kalian para Movie Buff semoga 5 film rekomendasi ini bisa jadi tambahan koleksi film kalian dan bisa jadi pilihan utama kalian untuk kalian yang suka dengan tema crime dan thriller, pilihan film di atas bisa dijadikan referensi ide yang fresh yang sedikit berbeda dari plot yang biasa disajikan oleh Hollywood.
Kontributor: Rifqi Abdurrachman Nazalen
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white