kumparan
KONTEN PUBLISHER
19 Januari 2020 10:07

Apa Film Paling Menguntungkan yang Pernah Ada?

Untitled Image
Ilustrasi nonton film (Foto: Designed by pressfoto/Freepik)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Sudah seabad lebih sejak Hollywood merilis film pertamanya dan memulai industri perfilman sebagai hiburan dan komersil. Dari dulu hingga sekarang, dari jutaan banyaknya film yang sudah rilis, apa film Hollywood yang menghasilkan keuntungan terbanyak?
ADVERTISEMENT
Apakah Avengers: Endgame yang berada di puncak Box Office?
Itu sesuai dengan definisi 'keuntungan' yang mana. Apakah keuntungan berarti selisih rasio biaya produksi terhadap pendapatan kotor dari Box Office?
Untitled Image
Avengers: Endgame menduduki puncak Box Office (Foto: Marvel Studios)
Jika demikian, Endgame harus dikeluarkan dari daftar tersebut karena budget produksi yang sangat tinggi tidak terlalu menguntungkan walaupun pendapatannya paling tinggi.
Blair Witch Project hanya menghabiskan biaya produksi sekitar $35 ribu saja dan menghasilkan sekitar $249 juta. Akan tetapi, setelah ditambahkan dengan pengeluaran untuk post-production dan marketing, total pengeluaran bisa menghabiskan sekitar $500 ribu. Tapi, tetap saja menguntungkan untuk ukuran sebuah film Hollywood.
Menghitung sebuah keuntungan sangatlah kompleks. Selain ada pengeluaran untuk marketing, ada juga pengeluaran untuk distribusi filmnya secara internasional. Belum lagi ada bonus untuk produser jika film tersebut laku keras.
ADVERTISEMENT
Lalu, apakah film dengan budget rendah dan pendapatan yang tinggi terbilang menguntungkan dibanding film blockbusters?
5.jpg
3 film dengan profit tertinggi dari Box Office (Foto: IMDb)
Tentu saja mereka tetap kalah dengan film dari studio besar, hingga hari ini, ada 3 film yang terbilang selisih pendapatannya sangatlah tinggi, yaitu Gone With the Wind, Titanic, dan Avatar.
Setelah dihitung-hitung berdasarkan inflasi, Gone With The Wind memiliki profit sekitar $3,75 triliun. Kemudian, Titanic mendapatkan $3,33 triliun dan Avatar $3,36 triliun.
Lalu, apakah ini membuat film Gone With The Wind jadi film paling menguntungkan yang pernah ada?
Belum tentu, jangan lupa dengan pendapatan tambahan dari sumber lainnya. Misalnya seperti rental atau Home Video. Titanic dan Avatar memiliki aliran pendapatan cukup banyak dari rental. Jika ditarik ke era zaman sekarang, mungkin streaming services sangat berpengaruh dalam menambahkan pendapatan mereka.
ADVERTISEMENT
Apakah berarti sekarang membuat Avatar menjadi film paling menguntungkan yang pernah ada?
Masih belum bisa dibilang demikian karena masih ada aliran pendapatan lain dari merchandise dan lisensi.
Untitled Image
Star Wars: A New Hope (Foto: IMDb)
Jika kita menambahkan semua faktor yang ada, film paling menguntungkan yang pernah ada adalah Star Wars: A New Hope. Secara Box Office, A New Hope memang hanya mendapatkan profit sekitar $1,3 triliun setelah dihitung berdasarkan inflasi sekarang.
Namun, menurut data yang dirilis Forbes 5 tahun lalu, film tersebut mendapatkan profit terbanyak dari merchandise sebanyak $42 triliun. Bahkan dari video games saja, ia berhasil mendapatkan sekitar $6,6 triliun. Belum lagi kita menghitung berapa banyak pendapatan yang diterima dari Disney+ dan taman bermain Disney yang bertemakan Star Wars.
ADVERTISEMENT
Jadi, dapat disimpulkan kalau Star Wars menjadi film paling menguntungkan yang pernah ada. Tapi, kalau dihitung berdasarkan pendapatan Box Office, Gone With the Wind mendapatkan mahkota kemenangan tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan