Pencarian populer

Belajar Memilih Lewat Film Swing Vote

Kevin Costner dan Madeline Carol (Foto: IMDb)

Play Stop Rewatch, Jakarta - Film garapan Kevin Costner tahun 2008 ini berkisah tentang Bud Johnson (Kevin Costner) yang apatis terhadap dunia politik walaupun sang anak sudah berusaha meyakinkan ayahnya untuk peduli politik.

Semua berubah ketika voting pemilihan presiden berakhir dengan imbang dan tersisa satu suara yang belum memutuskan untuk memilih, yaitu Bud Johnson. Seluruh masyarakat dan media melirik Bud Johnson agar untuk memilih satu di antara dua kandidat tersebut.

Tentu saja dengan dibalut komedi, kedua kandidat tersebut meyakinkan Bud Johnson untuk memilih mereka. Keapatisan Johnson terpaksa diganggu sehingga membuatnya harus belajar sendiri bagaimana memilih kandidat politik yang tepat.

Menariknya, film ini tidak memihak sisi Republican ataupun Democrate. Sesederhana film ini ingin menunjukan betapa pentingnya hak suara kita untuk digunakan dalam memilih kandidat pemimpin negara.

Seperti di Indonesia, beberapa anak-anak muda masih apatis terhadap dunia politik negara ini karena mereka merasa orang-orang yang bergerak di pemerintahan dan politik tidak ada yang 'beres'.

Mplly Johnson menjelaskan kenapa kita harus memilih (Foto: IMDb)

Rasa-rasanya, film ini ingin mengajarkan bagaimana seharusnya swing voter menilai pilihan politiknya dan melihat perspektif mengapa Swing Voter tidak memilih. Tidak hanya itu saja, film ini seakan-akan menyindir bahwa anak kecil saja sudah melek politik dibandingkan orang-orang dewasa yang sudah punya hak untuk memilih namun tidak mau untuk mengenal politik lebih dalam.

Nampaknya, para swing voter juga akan merasa hal ini menjadi penting ketika mereka adalah orang-orang yang akan menentukan siapa pemenangnya seperti yang terjadi pada Bud Johnson.

Terlepas dari kualitas filmnya, Swing Vote wajib ditonton agar pemilih yang masih ragu-ragu semakin tercerahkan pola pikirnya.

Penulis: Andri

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22