kumparan
18 Mar 2019 12:22 WIB

Mengenal 3 Sutradara Baru Marvel Studios

Marvel Foto: Wikipedia
Play stop rewatch, Inggris – Kembalinya James Gunn (Guardians of the Galaxy Vol. 3) ke Marvel Studios, barisan sutradara fase keempat Marvel Cinematic Universe mulai terlihat lengkap. Sejauh ini, total sudah ada lima sutradara yang didapuk Marvel untuk menangani film-film mereka berikutnya.
ADVERTISEMENT
Dari kelima sutradara tersebut, dua adalah muka lama dan sisanya adalah wajah baru. Selain James Gunn, ada nama Jon Watts (Spider-Man: Far From Home). Sementara itu, tiga sutradara baru yang direkrut Marvel adalah Cate Shortland, Chloe Zhao, dan Destin Daniel Cretton.
Seperti biasanya, Marvel merekrut sutradara-sutradara yang rekam jejaknya jarang terdengar. Nah, agar kalian lebih mengenal siapa sutradara-sutradara baru tersebut dan apa saja karya mereka sebelumnya, berikut profil Shortland, Zhao, dan Cretton.

1. Cate Shortland

Cate Shortland (Sumber sydfilmfest)
Shortland adalah satu dari dua sutradara perempuan yang direkrut Marvel untuk fase keempat Marvel Cinematic Universe. Perempuan asal Australia tersebut akan menyutradarai film solo Black Widow usai mengalahkan kurang lebih 70 kandidat sutradara perempuan lainnya.
ADVERTISEMENT
Adalah Scarlet Johansson, pemeran utama Black Widow, yang membuat Shortland terpilih sebagai sutradara baru Marvel. Mengutip situs The Hollywood Reporter, Johansson menyukai gaya Shortland dalam menyutradarai kisah thriller, sehingga ia menyakininya sebagai sosok yang pas untuk film Black Widow.
Nah, sebelum didapuk oleh Marvel, Shortland boleh dikatakan tidak memiliki rekam jejak panjang untuk posisi sutradara. Portofolionya tergolong pendek, hanya pernah menangani tiga serial tv dan tiga film. Ketiga film tersebut adalah Somersault, Lore, dan Berlin Syndrome.
Video
Dari ketiga film tersebut, Lore yang disebut-sebut menarik perhatian Marvel dan Johansson. Lore, yang ber-setting Perang Dunia II, bercerita tentang perjuangan seorang perempuan bernama Hannelore yang mencoba kabur dari serbuan pasukan sekutu di Jerman.
ADVERTISEMENT
Shortland mendapat berbagai pujian di film tersebut karena berhasil menceritakan kisah Perang Dunia II dari perspektif yang berbeda, yaitu dari sisi mereka yang mencoba kabur dari perperangan.

2. Chloe Zhao

Chloe Zhao (Sumber: Another Gaze Journal Channel)
Chloe Zhao akan menjadi perempuan Asia pertama yang memiliki kesempatan untuk menyutradarai film Marvel. Dari sekian banyak superhero yang dimiliki Marvel Studios, Zhao akan menyutradarai franchise baru yang bernama The Eternals. The Eternals adalah franchise kosmis Marvel, selain Guardians of the Galaxy, yang bercerita tentang perperangan dua bangsa setara dewa, yaitu Eternals dan Deviants.
Sama seperti Shortland, Zhao tidak memilki rekam jejak panjang sebagai sutradara. Ia tercatat hanya pernah menyutradarai dua film panjang, Song My Brothers Taught Me dan The Rider. Namun, kedua film itu sudah cukup membuat Marvel tertarik untuk mengajaknya menggarap The Eternals.
ADVERTISEMENT
Video
The Rider adalah film Zhao yang paling menarik perhatian. Diputar pertama kali di Cannes Film Festival 2017 dan memiliki skor 97% di Rottent Tomatoes, The Rider berkisah tentang perjuangan seorang atlet rodeo, Brady, untuk bisa kembali ke arena kompetisi meski dirinya menderita gegar otak parah yang kerap membuatnya kehilangan fungsi motorik.
Keluarga Brady sebenarnya sudah memperingatkan dia untuk tidak kembali ke arena, bahkan hingga menjual kuda miliknya. Namun, Brady tetap bersikeras ingin kembali ke arena karena menurutnya hal tersebut adalah acara tercepat untuk keluar dari kemiskinan. Diam-diam, Brady bekerja paruh waktu untuk membeli kuda baru yang bisa mengantarnya ke arena rodeo.

3. Destin Daniel Cretton

Destin Daniel Cretton dan Kaitlyn Dever (Sumber: IMDb)
Cretton menjadi orang kedua setelah Zhao sebagai orang Asia di barisan sutradara fase keempat Marvel Cinematic Universe. Sama seperti Zhao, Cretton akan bertanggung jawab menangani franchise baru, yaitu Sang-Chi. Superhero Marvel dalam Sang-Chi memiliki kisah menyerupai ala film Hong Kong, tentang anak keluarga triad yang berusaha keras menghancurkan kerajaan kriminal orang tuanya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laman IMDB, Cretton memilki rekam jejak sutradara yang sama pendeknya dengan Zhao dan Shortland. Ia tercatat hanya tiga kali menjadi sutradara film panjang, yaitu I Am Not Hipster, Short Term 12, serta The Glass Castle.
Video
Dari ketiga film itu, Short Term 12 adalah karyanya yang paling terkenal dan membantu melejitkan karir Brie Larson (Captain Marvel), Rami Malek (Bohemian Rhapsody), dan LaKeith Stanfield (Deathnote). Adapun Short Term 12, yang disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik 2013, bercerita tentang jatuh bangun pengawas rumah yatim piatu yang dikhususkan untuk anak-anak bermasalah.
---
ISTMAN
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·