News
·
20 September 2020 20:32

Go Green, Mahasiswa UMM Bagikan Bibit Tanaman Herbal

Konten ini diproduksi oleh PMM 90 UMM Desa Ngenep

Dalam masa pandemi ini tidak sedikit dari kegiatan masyarakat yang berangsur angsur menurun, dampak yang diakibatkan Covid-19 sangatlah signifikan. Hampir semua kegiatan warga menjadi ditiadakan karena protokol pemerintah yang mengharuskan masyarakat agar tetap dirumah. Kegiatan-kegiatan rutin yang biasanya dilakukan secara bersama-sama seperti kegiatan gotong royong membersihkan desa pun tidak lagi diizinkan, kegiatan yang bertujuan untuk tetap menjaga lingkungan mulai menurun frekuensinya.

ADVERTISEMENT
Dalam menyikapi hal ini, mahasiswa UMM yang sedang menjalani Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 90 yang beranggotakan Abdul Khalim, Ayu Nur Fadilla, Ayu Nazirah Rahmadiyanti, Dikco Prasetyo Wahyu U, dan Syahira membagikan puluhan bibit tanaman herbal secara gratis kepada warga dusun Mojosari, Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Tanaman herbal yang dipilih oleh kelompok 90 ini berupa tanaman daun mint dan mint cokelat. Daun mint memiliki banyak sekali manfaat. Dilansir dari alodokter.com, daun mint memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, meredakan sakit kepala, menjaga kesehatan gigi dan lain sebagainya. Bibit yang hendak dibagikan ini telah dipindahkan ke dalam media tanam seperti polybag, guna memudahkan masyarakat setempat dalam perawatan tanaman di kemudian hari.
Go Green, Mahasiswa UMM Bagikan Bibit Tanaman Herbal (307299)
Pembagian Bibit Tanaman Herbal secara Door to Door
Pada saat distribusi bibit tanaman, mahasiswa PMM 90 melakukannya dengan distribusi rumah ke rumah. Hal ini tentunya sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, yaitu dengan tidak mengumpulkan masa. Selain itu, para mahasiswa ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan yang lain seperti memakai masker, menjaga jarak (social distancing), tidak bersalaman atau bersentuhan, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.
ADVERTISEMENT
Ayu Nazirah Rahmadiyanti sebagai anggota tim PMM 90 UMM menjelaskan jika pembagian tanaman herbal berupa daun mint kepada masyarakat ini ditujukan sebagai salah satu upaya untuk hidup sehat dengan menjadikan daun mint sebagai obat atau ramuan untuk kesehatan, terutama ditengah wabah Covid-19 saat ini. Serta agar para warga dapat senantiasa menjaga lingkungan yang tetap sejuk serta sehat dengan memanfaatkan bibit daun mint.
Go Green, Mahasiswa UMM Bagikan Bibit Tanaman Herbal (307300)
Pembagian Bibit Tanaman Herbal Door to Door
Respon positif dari masyarakat setempat bisa dilihat ketika mahasiswa membagikan bibit daun mint secara gratis. Saat distribusi tanaman, tak lupa para mahasiswa juga memberikan edukasi tentang kegunaan atau manfaat tanaman daun mint baik untuk lingkungan sekitar maupun untuk kesehatan individu. Antusias warga juga terlihat ketika mereka meminta bibit tambahan yang nantinya akan dibagikan kepada keluarganya yang lain. Adapun yang langsung memindahkan bibit tanaman ke kebun dan segera menyirami tanaman daun mint saat itu juga, hal ini merupakan apresiasi warga kepada mahasiswa PMM 90 UMM yang telah memberikan bibit secara gratis.
ADVERTISEMENT