kumparan
1 Apr 2019 17:31 WIB

Maurice Sendak, Ilustrator Terbaik Amerika Abad ke-20

Ilustrasi grafiti mengenang Maurice Sendak. Foto: commons.wikimedia.org
Maurice Sendak dilahirkan di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, pada 10 Juni 1928. Ia membuat karya pertamanya di usia yang masih sangat muda, yakni sembilan tahun. Kariernya sebagai ilustrator dimulai saat masih duduk di bangku sekolah, di mana ia bekerja untuk All American Comics.
ADVERTISEMENT
Walau sudah sejak tahun 1947 mengilustrasikan buku-buku, bagi Sendak, karya sebenarnya baru dimulai pada tahun 1951, ketika ia menggambar untuk buku The Wonderful Farm karya Marcel Ayme.
Tahun 1952, Sendak sudah dikenal secara luas oleh masyarakat sebagai seorang ilustrator sukses untuk buku anak-anak. Ia banyak berkontribusi bagi penerbitan buku anak-anak yang sukses di pasaran, salah satunya A Hole is to Dig karya Ruth Krauss.
Beberapa karya terbaik Sendak yang memperjelas reputasinya sebagai ilustrator besar di antaranya Where the Wild Things Are (1963), Outside over There, The Nutshell Library, Higglety Pigglety Pop, dan In the Night Kitchen (1970), serta 80 judul buku lainnya yang dianggap sebagai maha karya penulisan untuk buku anak-anak.
ADVERTISEMENT
Beberapa karya asli Sendak, The Sign on Rosie’s Door dan The Nusthell Library, mendapat adaptasi untuk sebuah film animasi berjudul Really Rosie, yang ditayangkan di jaringan televisi CBS pada 1975.
Sendak telah menerima banyak sekali penghargaan, yang tidak sembarangan penulis dapat memperolehnya. Seperti The Caldecott Medal untuk karya Where the Wild Things Are, The Laura Ingalls Wilder Award, The New York Times Book Review, dan The American Library Association
Sendak juga tercatat sebagai ilustrator Amerika pertama yang menerima penghargaan Hans Christian Anderson Medal. Sebagai bentuk penghargaan atas karya-karyanya, Selma G. Lanes menulis sebuah biografi berjudul The Art of Maurice Sendak.
Sumber: Perkins, Christine N. 2005. 100 Penulis yang Membentuk Sejarah Dunia. Jakarta: Progress.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan