News
·
22 November 2020 20:50

Sekretaris Negara Amerika Serikat yang Pakaiannya Dikenal Selalu Bersih

Konten ini diproduksi oleh Potongan Nostalgia
Sekretaris Negara Amerika Serikat yang Pakaiannya Dikenal Selalu Bersih  (10774)
Bendera AS. Sumber: Wikimedia Commons
Amerika Serikat memiliki sekelompok orang yang tercatat sebagai pendiri negara alias founding fathers. Ada tujuh orang anggota founding fathers, yakni John Adams, Benjamin Franklin, Alexander Hamilton, John Jay, Thomas Jefferson, James Madison, dan George Washington.
ADVERTISEMENT
Dari ketujuh anggota founding fathers tersebut. Bisa jadi Alexander Hamilton patut diberi gelar sebagai anggota terbersih. Bukan apa-apa, sejarah memang mencatat Hamilton sebagai orang yang begitu memperhatikan kebersihan, terutama kebersihan pakaian.
Sebagai founding fathers Amerika Serikat, Hamilton juga pernah menjabat sebagai sekretaris negara pertama. Jabatan itu disandangnya sejak George Washington diangkat menjadi Presiden Pertama pada 1789.
Sekretaris Negara Amerika Serikat yang Pakaiannya Dikenal Selalu Bersih  (10775)
Sumber: Wikimedia Commons
Hamilton dikenal sebagai seorang perfeksionis dan ternyata jiwa perfeksionisnya itu juga tercermin dari caranya menjaga kebersihan diri. Ia biasa bangun pagi dan membersihkan diri setiap hari. Setelahnya, ia juga mengenakan pakaian dalam yang bersih disertai kemeja, kain leher, dan sapu tangan yang juga sama bersihnya.
Saat itu, kebanyakan orang mengenakan pakaian yang sama untuk beberapa hari. Namun tidak demikian dengan Hamilton. Ia memilih untuk langsung mencuci pakaian yang sudah digunakan dan memilih pakaian bersih setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa alasan Hamilton begitu memperhatikan kebersihan pakaiannya. Ia percata jika pakaian yang bersih adalah penangkal penyakit. Sebaliknya, pakaian kotor berpotensi mengundang penyakit.
Sekretaris Negara Amerika Serikat yang Pakaiannya Dikenal Selalu Bersih  (10776)
Sumber: Wikimedia Commons
Keyakinan Hamilton sesungguhnya bisa dipahami. Pada saat dokter menyatakan bahwa penyakit bisa menular melalui udara, Hamilton percaya pakaian yang terkespos udara setiap hari pun menjadi sarana penularan penyakit.
sKebiasaan Hamilton mengenakan pakaian bersih setiap hari semakin sering dilakukan saat musim panas. Ia bahkan bisa sampai mengganti pakaiannya berkali-kali dalam sehari.
Sumber: history.com, historycollection.com
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white