kumparan
News2 Oktober 2017 10:27

Selamat Hari Batik Nasional

Konten kiriman user
Siapa yang tidak tahu batik, sebuah ciri khas dari Indonesia yang sudah mendunia. Dipakai dan disenangi semua kalangan. Akhir-akhir ini menjadi trending topik juga, kostum batik yang dipakai oleh Agnez Mo dalam video klip album internasionalnya ‘As Long I Got Paid’.
ADVERTISEMENT
Batik yang merupakan warisan asli Indonesia, yang kaya akan makna dan unsur budaya, pada masa pemerintahan SBY yaitu pada 2008, eksistensi batik diusik dengan diakuinya baik oleh Malaysia, tak tinggal diam akhirnya batik pun diajukan menjadi warisan asli Indonesia di mata Internasional, yaitu UNESCO sehingga tidak ada lagi pengklaiman oleh negara lain.
Setelah diterima secara resmi pada 9 Januari 2009, beberapa bulan kemudian, tepatnya pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Menghindari kecolongan untuk yang kesekian kalinya, keputusan PBB tersebut di respon dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Di mana dalam Surat Keputusan tersebut ditetapkan bahwa tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.
ADVERTISEMENT
Hari Batik Nasional ini biasanya dirayakan oleh masyarakat Indonesia dengan serempak memakai batik, baik oleh instansi lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, maupun masyarakat umum. Batik saat ini telah berkembang dan beragama mengikuti mode fashion kekinian, oleh karenanya jangan gengsi untuk memakai batik.
Selamat Hari Batik Nasional
foto: Selamat Hari Batik Nasional
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan