Pencarian populer

Themistocles, Pengkhianatan Pahlawan Besar Yunani

Dalam sejarah Yunani, ada seorang pemimpin yang berhasil menyelamatkan ribuan nyawa warga Athena saat Persia menyerang kota itu pada 480 SM. Namun sayangnya ia lebih dikenal sebagai seorang pengkhianat, karena mencoba melakukan kerja sama dengan pemerintah Persia. Pahlawan besar Yunani itu adalah Themistocles.

Themistocles adalah penduduk asli Athena, yang menjadi orang terkemuka di antara masyarakat kelas bawah. Pada 493 SM, Themistocles ditunjuk sebagai seorang “archon” (hakim). Di sinilah awal mula karir Themistocles di dalam pemerintahan Athena.

Selain sebagai archon, Themistocles juga bertugas dalam militer Yunani. Salah satu prestasi yang pernah diraihnya adalah berhasil mengamankan Piraeus, sebuah pangkalan angkatan laut Yunani, yang letaknya tidak jauh dari kota utama Athena. Themistocles termasuk di dalam 10 jenderal yang memimpin Athena dalam Pertempuran Marathon tahun 490 SM.

Setelah kematian Miltiades –pemimpin militer Athena yang memegang komando tertinggi di Marathon– Themistocles memiliki kekuasaan yang dominan di Athena. Ia menerapkan sistem pengasingan bagi siapa saja yang melanggar hukum. Hal itu dilakukannya untuk menyingkirkan lawan-lawan politiknya dari kota Athena.

Gerhana Bulan di Yunani (Foto: Alkis Konstantinidis/Reuters)

Pada 483 SM, Themistocles membujuk orang-orang Athena untuk membuat 200 kapal perang, karena ia yakin bahwa Persia akan kembali menyerang wilayah Yunani. Themistocles juga meyakinkan orang-orang Athena untuk bekerja sama dengan negara kota lainnya, sebagai persiapan menghadapi perang yang lebih besar.

Pada 480 SM, Persia, yang dipimpin oleh Xerxes I, kembali mengirimkan armada laut yang sangat besar ke Yunani. Setelah memenangkan Pertempuran Thermopylae, pasukan Persia memasuki Athena. Namun betapa terkejutnya mereka ketika mendapati kota itu telah kosong ditinggalkan penduduknya.

Diketahui bahwa seluruh penduduk Athena saat itu telah pergi meninggalkan kota menuju kota-kota terdekat, setelah percaya pada perkataan Themistocles tentang penyerangan Persia yang lebih besar.

Themistocles sendiri sebenarnya mengetahui hal itu dari seorang imam di Delphi. Sementara penduduk Athena menyelamatkan dirinya, armada laut Athena telah bersiap di Teluk Salamis untuk menghadang pasukan Persia.

Themistocles kembali meyakinkan pasukan Athena untuk bertempur di teluk yang sempit, di mana kapal-kapal Persia yang jumlahnya sangat banyak akan kesulitan untuk berperang.

Parthenon di Athena, Yunani (Foto: Flickr / claire rowland)

Mengikuti arahan Themistocles, pasukan Yunani berhasil memenangkan pertempuran, dan menghancurkan armada Perisa. Xerxes pun memerintahkan armadanya untuk mundur kembali ke Perisa, menelan kekalahan yang sangat memalukan.

Selama beberapa waktu, Themistocles dianggap sebagai pahlawan terbesar di Yunani. Tetapi pada 476 SM, ia diketahui mencoba berkerja sama dengan orang-orang Persia. Meski terbukti tidak bersalah, pada 473 SM, Themistocles diasingkan dari masyarakat. Ia pun tidak memiliki pilihan selain pergi meninggalkan Athena, dengan penuh rasa malu.

Menurut para sejarawan, setelah meninggalakan Athena, Themistocles menyeberangi Laut Aegea menuju Efesus di Asia Kecil. Ia menghadap raja baru Persia, Artaxerxes, dan diangkat menjadi penasihat kerajaan. Artaxerxes lalu memberikan Themistocles sebuah wilayah, yang dikenal sebagai kota Magnesia.

Hingga akhir hayatnya, Themistocles tetap berada di wilayah kekuasaan Persia, menjadi orang kepercayaan raja. Ditemukan bukti bahwa ternyata ia mengirimkan sejumlah informasi ke pihak Perisa, bahkan ketika ia memimpin pasukan Athena melawan Persia.

Sumber: Crompton, Samuel Willard. 2007. 100 Pemimpin Militer yang Berpengaruh di Dalam Sejarah Dunia. Tanggerang: Karisma

Foto: commons.wikimedia.org

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22